Minggu 06 September 2020, 02:40 WIB

Bawaslu Kalteng Pantau Aktivitas ASN di Media Sosial

mediaindonesia.com | Nusantara
Bawaslu Kalteng Pantau Aktivitas ASN di Media Sosial

MI/Ramdani
Ilustrasi ASN yang mengikuti apel melawan hoaks jelang pesta demokrasi.

 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Tengah memantau aktivitas aparatur sipil negara (ASN) di media sosial selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

"Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam pilkada tahun ini adalah keterlibatan ASN dalam sosialisasi pasangan calon, yang melanggar netralitas ASN. Kita akan pantau itu," ujar Ketua Bawaslu Kalimantan Tengah Satriadi, Sabtu (5/9).

Dia menambahkan netralitas ASN dalam Pilkada 2020 sudah tercantum dalam regulasi. Pada pesta demokrasi, ASN juga dilarang berkampanye dan terlibat dalam aksi dukungan secara khusus. Seperti, menjadi tim sukses calon peserta Pilkada 2020.

Baca juga: KPU: Faktor Cuaca Jadi Tantangan Pilkada 2020

ASN diminta berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial. Selama Pilkada 2020, ASN juga dilarang memberikan "like" dan menyebarluaskan unggahan terkait pasangan calon.

Penegasan itu mengacu Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016. Dalam Pasal 70 ayat 1, diketahui bahwa dalam kampanye pasangan calon dilarang melibatkan pejabat BUMN atau BUMD, ASN, anggota kepolisian, anggota TNI, kepala desa, hingga perangkat kelurahan.

"Bagi ASN yang terbukti melanggar atau tidak netral dalam Pilkada 2020 akan mendapat sanksi sesuai ketentuan yang berlaku," pungkas Satriadi.(Ant/OL-11)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Petani Disiplin, Empat Lawang jadi Lumbung Pangan Sumsel

👤Dwi Apriani 🕔Minggu 27 September 2020, 17:35 WIB
GUBERNUR Sumsel meminta petani harus disiplin, mulai dari pembibitan, pemupukan sampai panen biar losses (kerugian) nya tidak banyak....
dok.mi

50 persen Total Pasien Positif Covid-19 di Riau Sembuh

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Minggu 27 September 2020, 16:35 WIB
SEKITAR 50% atau sebanyak 3.141 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dari total sebanyak 6.577 kasus terkonfirmasi di Riau berhasil sembuh...
dok.mi

Selebgram Pilihan Kampanye di tengah Pandemi Covid

👤Cikwan Suwandi 🕔Minggu 27 September 2020, 16:20 WIB
SELAIN tatap muka terbatas, media sosial menjadi pilihan sejumlah pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Karawang untuk...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya