Minggu 06 September 2020, 04:45 WIB

Ikut Buat Konten Youtube

Pro/M-1 | Weekend
Ikut Buat Konten Youtube

Dok. PRIBADI
Danrivanto Budhijanto

SEPERTI kegiatan perkuliahan lainnya, kelas Danrivanto Budhijanto, juga terdampak pandemi. Namun, Ia sadar bahwa tak semua mahasiswa mampu membayar biaya internet yang besar akibat proses kuliah jarak jauh.

Pria yang menjadi akademisi sejak 1997, setelah sebelumnya menjadi advokat itu sekarang juga menjadi pembuat konten demi perkuliahan. “Jadi saya semenjak pandemi dan new normal ini rutin membuat video di Youtube. Di sana saya sampaikan materi pengajaran saya agar bisa dilihat mahasiswa,” ujar Danrivanto yang kini merupakan Lektor Kepala Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran.

Dengan cara itu, ia merasa pengajaran lebih efektif dan jika dibandingkan dengan melakukan panggilan video atau menggunakan layanan video conference sebab mahasiswa dapat menyesuaikan waktu dan lokasi untuk mendapatkan jaringan internetnya yang bagus. Materi juga dihadirkan dengan penjelasan dan muatan grafis untuk memudahkan mahasiswa untuk memahami materi yang ingin disampaikan.

Tidak berhenti di situ, kini ia juga memanfaatkan podcast. “Saya juga akhirnya membuat materi kuliah lewat podcast. Itu lebih simpel lagi karena hanya berupa suara,” ujar Danrivanto.

Penulis buku Kedaulatan Virtual Perlin­dungan Konten dan Penyiaran 4.0 di Indonesia itu juga menyadari banyak hal harus dilakukan dan diusahakan demi tetap bisa menghadirkan perkuliahan yang maksimal di tengah keterbatasan. Ia berharap bahwa kondisi pandemi akan segera berakhir dan kehidupan di berbagai bidang juga dapat berangsur membaik. (Pro/M-1)

Baca Juga

Lionel BONAVENTURE / AFP

Gelaran Busana Christian Dior Dirilis Melalui TikTok

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:30 WIB
Musim ini, beberapa rumah mode mempresentasikan koleksinya mulai dari film pendek, pertunjukan boneka, hingga...
Instagram/chrissyteigen

Kabar Duka, Chrissy Teigen Kehilangan Bayi Ketiganya

👤Weekend 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 18:43 WIB
Bersama suaminya, John Legend, Teigen sebelumnya telah memiliki satu putri dan satu...
Unsplash

Covid-19 Lebih Menular di Kucing daripada Anjing

👤Fathurrozak 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 14:00 WIB
Kucing dapat menyebarkan virus ke sesama kucing namun anjing tidak...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya