Sabtu 05 September 2020, 20:52 WIB

Ciptakan FIN OSD, Elnusa Petrofin Raih Penghargaan

Widhoroso | Humaniora
Ciptakan FIN OSD, Elnusa Petrofin Raih Penghargaan

DOK Elnusa Petrofin
Direktur Utama PT Elnusa Petrofin Haris Syahrudin

 

DINAMIKA bisnis yang makin cepat menuntut perusahaan untuk selalu selangkah di depan agar bisa bertahan atau unggul dalam persaingan. Karena itu, inovasi menjadi salah satu kunci sukses perusahaan di era kenormalan baru akibat pandemi Covid-19.

Hal itulah yang menjadi salah pendorong PT Elnusa Petrofin (EPN), anak usaha PT Elnusa Tbk, terus melakukan inovasi baik dari sisi operasional bisnis maupun dalam produk dan jasa yang dihasilkan. Atas keunggulan inovasi yang terus dilakukan, Elnusa Petrofin mendapatkan penghargaan bergengsi Anugerah Inovasi Indonesia 2020 Kategori Produk dan Model Bisnis untuk inovasi FIN Oil Spill Dispersant (OSD) dari IDX Channel, 2 September 2020. Penghargaan ini juga merupakan pembuktian akan kompetensi Elnusa Petrofin khususnya dalam inovasi di bidang chemical.

Haris Syahrudin Direktur Utama PT Elnusa Petrofin mengaku senang atas penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2020 yang telah diraih. Haris menyebut diriuya selalu mendorong seluruh insan Elnusa Petrofin untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam berbagai bidang.

“Kami selalu mengedepankan inovasi yang bukan hanya dapat memberikan sumbangsih bagi perusahaan, namun juga memiliki nilai tambah bagi lingkungan dan masyarakat” ujarnya.

FIN OSD merupakan produksi Elnusa Peterofin berbahan dasar nabati yang seluruh elemen serta proses produksinya dijalankan seluruhnya di Indonesia. Produk ini berasal dari material non ionik surfaktan yang bisa digunakan sebagai Oil Spill Dispersant.

Berdasarkan hasil uji FIN OSD dapat digunakan untuk mengatasi tumpahan berbagai jenis minyak seperti minyak mentah hingga seluruh minyak hasil olahan (gasoline). Selain itu bahan ini dapat digunakan sebagai surfaktan dalam proses bioremediasi untuk mengatasi tumpahan di darat dan laut.

Dr-Ing Ilham A Habibie, MBA selaku Ketua Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Republik Indonesia sekaligus Dewan Juri Kehormatan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020 menyatakan pentingnya inovasi,

“Dunia sedang berubah dan kita tidak bisa hanya berkompetisi melalui harga, siapa yang paling membuat dengan harga lebih murah yang menang kompetisi, karena mindset ini lebih ke masa lampau. Jadi kita bukan lagi negara yang murah, kita harus mengikuti kompetisi dengan nilai tambah yang lebih, yang hanya bisa kita gapai melalui inovasi,”  tutupnya. (RO/R-1)
 

 

Baca Juga

DOK KEMENKOMINFO

Ekspedisi Bakti untuk Negeri Sambangi Mataram

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 28 September 2020, 09:00 WIB
Hasilnya, sebanyak 850 orang tua mengharapkan pembelajaran tatap muka, sedangkan 95 orang tua masih ragu-ragu membiarkan anaknya menjalani...
AFP/Adek Berry

Catatan Sejarah tentang Covid-19 dan Virus Lain

👤Wisnu AS 🕔Senin 28 September 2020, 07:08 WIB
Meskipun demikian, sejauh ini penyakit itu tidak lebih mematikan daripada flu Spanyol seabad...
Medcom.id

Tidak Ada Perubahan Kurikulum hingga 2021

👤Bay/Aiw/PO/X-7 🕔Senin 28 September 2020, 05:30 WIB
Beberapa yang sudah mulai masuk pembahasan ialah peningkatan kualitas guru dan implementasi mata pelajaran sejarah agar lebih bermakna....

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya