Minggu 06 September 2020, 00:10 WIB

Jebakan Charlie Kaufman dalam I’m Thinking of Ending Things

MI | Weekend
Jebakan Charlie Kaufman dalam I’m Thinking of Ending Things

Dok. Netflix
Cuplikan film I’m Thinking of Ending Things

ALKISAH, perempuan muda (Jessie Buckley) bersama pasangannya, Jake (Jesse Plemons), yang belum genap dua bulan berkencan, menempuh perjalanan darat menembus badai salju. Mereka menuju rumah Jake di kawasan perdesaan.

Film yang baru mulai ditayangkan Netflix ini dibuka dengan potonganpotongan gambar yang ditempelkan sulih suara si perempuan. Sinematografer Lukasz Zal  membingkai perjalanan keduanya melalui rasio persegi yang sempit lewat kaca mobil depan. Rasio 1.2:1 seolah dipilih sebagai jalan menghantar ke dunia sureal sepanjang film.

Ditulis dan disutradarai oleh Kaufman, film ini diadaptasi dari buku karya Ian Reid. Kaufman penulis skenario Eternal Sunshine of a Spotless Mind memang punya kecenderungan membaurkan dunia imaji surealnya ke dalam bangunan penceritaan. Misalnya, yang dilakukannya pada Synecdoche, New York.

Dalam garapan terbaru ini, pembukaan panjang dari perjalanan di mobil membuat kita menerka akan berjalan seperti apa sisanya setiba dua sejoli itu di rumah Jake.

Si perempuan mendapat telepon dari seorang bernama Lucy, yang mana juga adalah nama panggilannya. Ini seperti bibit yang ditaruh untuk memberikan efek pada babak selanjutnya. Lalu, ketika Lucy menandai ayunan yang baru ia lewati, aksinya itu mengundang rasa
penasaran.

Kaufman menaburkan bibit-bibit itu secara halus. Dan memang seperti diintensikan terhadap suatu akibat di belakangnya. Misalnya saja, panggilan telepon pada Lucy menjadi repetisi yang ditaruh dalam latar rumah Jake.

Meski kali berikut ialah giliran nama Louis, yang juga nama panggilan kekasih Jake itu. Lalu, bibit-bibit suspense tersebut semakin intens ditaburkan pada latar horor film ini, di rumah Jake. Awal dari suatu jebakan panjang.

Performa Toni Collette dan David Thewlis sebagai orangtua Jake, sangat mengesankan. Keduanya ialah tokoh horor itu. Ditambah kecanggungan yang diartikulasikan Plemons dalam memerankan Jake.

Pembauran genre Kaufman lakukan dengan fluiditasnya mencampurkan kapan waktu masuk lini masa realis dan kapan waktu masuk lini masa sureal.

Munculnya petikan adegan film romcom buatan yang disutradarai Robert Zemeckis, berulang-ulangnya Lucy menuruni tangga di rumah Jake, atau perubahan usia orangtua Jake, adalah surealisme yang masuk dengan halus, tetapi juga menjadi pernyataan tegas dalam mendobrak pakem-pakem artistik yang lazim digunakan banyak sineas.

Menuntun kita pada tingkatan selanjutnya, saat Jake membawa Lucy ke SMA lamanya. Melewati kedai es krim, bertemu dengan seorang tua petugas kebersihan sekolah, dan pada tingkatan radikalnya sebagai pembabakan akhir.

Baik Buckley maupun Plemons, keduanya mampu mengisi dimensi keaktoran yang kuat untuk membawa I’m Thinking of Ending Things pada cerita yang berkarakter dan diingat.

Mendengarkan perbincangan keduanya, memang mengingatkan juga pada tokoh Jesse Wallace dan Celine dalam trilogi buatan Richard Linklater, tetapi dalam versi lebih suram. 

Buckley bermain dengan karakterisasi yang natural, dengan pemaknaan yang sesuai sebagai sosok yang merasa tertekan dan terjebak dalam suatu dunia khayali, dengan pertanyaan-pertanyaan yang selalu menggelayuti benaknya.

I’m Thinking of Ending Things punya visi kuat dengan ide artistik yang  mengundang kita untuk menggali lebih dalam gagasan yang disampaikan Kaufman baik secara dialog maupun seecara naratif dalam film. (Jek/M-2)

Baca Juga

Dok. Mozilla

Mozilla Kembangkan Fitur Untuk Batasi Konten Meresahkan di Youtube

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 18 September 2020, 15:50 WIB
Fitur 'RegretsReporter' memungkinkan anda menelisik dan melaporkan algoritma Youtube yang membuat munculnya konten meresahkan di...
Dok. Instagram @lipiindonesia

Lima Spesies Baru Ditemukan di Perairan Indonesia

👤MI Weekend 🕔Jumat 18 September 2020, 14:55 WIB
Ekspedisi Laut South Java Deep Sea Expedition (SJADES) 2018 LIPI berhasil menemukan lima biota laut baru di perairan Selat...
Dok. Instagram @khaoyainationalpark

Sampah Anda Akan Dikirim Ke Rumah Jika Buang di Taman Nasional Ini

👤Bagus Pradana 🕔Jumat 18 September 2020, 14:00 WIB
Di Taman Nasional Khao Yai, Thailand, alamat pengunjung harus dicantumkan saat mendaftar...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya