Sabtu 05 September 2020, 13:47 WIB

10 Calon Kepala Daerah ini belum Serahkan Hasil Tes RT-PCR

Tri Subarkah | Nusantara
10 Calon Kepala Daerah ini belum Serahkan Hasil Tes RT-PCR

Antara
Polisi melakukan sterilisasi ruangan di Kantor KPU Sumenep, Jawa Timur, Jumat (4/9/2020).

 

PENDAFTARAN bakal pasangan calon dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 telah dibuka pada hari Jumat (4/9) kemarin. Sehubungan dengan pandemi covid-19, setiap bakal pasangan calon diwajibkan menyertakan hasil tes real time polymerase chain reaction (RT-PCR) atau swab test yang dinyatakan negatif.

Namun, anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Fritz Edward Siregar mencatat ada 10 bakal calon peserta yang belum menyertakan hasil swab test.

"Kami menemukan ada 10 bakal calon yang belum menyerahkan hasil swab pada saat pendaftaran," kata Fritz kepada mediaindonesia.com, Sabtu (5/9).

Baca juga: Khofifah Targetkan Peningkatan Pajak Naik 20,4% Akhir 2020

10 bakal calon tersebut berada di tujuh provinsi. Adapun kesepuluhnya tercatat di Kabupaten Sumenep (Jawa Timur), Kabupaten Mojokerto (Jawa Timur), Kabupaten Konawe Selatan (Sulawesi Tenggara), Kabupaten Konawe Kepulauan (Sulawesi Tenggara), Kabupaten Buru Selatan (Maluku), Kabupaten Maluku Barat Daya (Maluku), Kabupaten Yahukimo (Papua), Kabupaten Banggai Laut (Sulawesi Tengah), Kabupaten Ngada (NTT), dan Kabupaten Way Kanan (Lampung).

Penyerahan hasil tes RT-PCR telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No. 10 Tahun 2020. Hal tersebut termaktub dalam Pasal 50A.

"Bakal Pasangan Calon menyerahkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) pada saat pendaftaran," bunyi Pasal 50A ayat (3).

Fritz menyebut dari 270 daerah yang melakukan Pilkada 2020, proses pendaftaran telah dilakukan di 214 daerah. Dari 214 daerah tersebut, telah tercatat 315 bakal calon yang melakukan proses pendaftaran. Proses pendaftaran sendiri masih akan berlangsung hingga Minggu (6/9). (X-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Pasien Covid yang Dirawat kian Melandai

👤Faishol Taselan 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 05:00 WIB
Kemenkes RI merilis pasien covid-19 yang masih dirawat di Jatim sebanyak 3.580 merupakan terendah jika dibandingkan dengan tiga provinsi...
PRESIDENTIAL PALACE/AGUS SUPARTO

Menyiapkan Wisata Premium Labuan Bajo

👤JL/Ant/N-2 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 04:30 WIB
Ia meminta penataan di kawasan wisata ini disesuaikan dengan kondisi alamnya sehingga terlihat natural bagi wisatawan yang akan...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Berharap Harga Sayuran Membaik

👤BN/JS/PO/N-3 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 04:15 WIB
Biasanya, dalam seminggu, pedagang mengirim dua kali, tapi sepekan terakhir meningkat menjadi empat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya