Sabtu 05 September 2020, 13:38 WIB

OJK Beri Insentif KBL BB

Fetry Wuryasti | Ekonomi
OJK Beri Insentif KBL BB

ANTARA

 

OTORITAS Jasa Keuangan (OJK) mendukung Program Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBL BB) yang dicanangkan oleh pemerintah dalam Peraturan Presiden No 55/2019, dengan mendorong perbankan nasional berpartipasi untuk pencapaian program tersebut.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana dalam surat kepada direksi bank umum konvensional 1 September 2020 menjelaskan ada beberapa insentif yang dapat dimanfaatkan perbankan. 

Pertama, penyediaan dana kepada debitur dengan tujuan pembelian KBL BB dan/atau pengembangan industri hulu dari KBL BB (industri baterai, industri charging station, dan industri komponen) dapat dikategorikan sebagai pemenuhan ketentuan penerapan keuangan berkelanjutan.

“Kedua, penyediaan dana dalam rangka produksi KBL BB beserta infrastrukturnya dapat dikategorikan sebagai program pemerintah yang mendapatkan pengecualian BMPK dalam hal dijamin oleh lembaga keuangan penjaminan/asuransi BUMN dan BUMD,” demikian tertulis dalam surat itu.

Ketiga, penilaian kualitas kredit untuk pembelian KBL BB dan/atau pengembangan industri hulu dari KBL BB dengan plafon sampai dengan Rp5 miliar dapat hanya didasarkan atas ketepat­an pembayaran pokok dan/atau bunga. Hal itu sesuai dengan penerapan POJK No 40/POJK.03/2019 tentang Penilaian Kualitas Aset Bank Umum.

Kredit untuk pembelian KBL BB dan/atau pengembangan industri hulu dari KBL BB untuk perorangan atau badan usaha UMK dapat dikenai bobot risiko 75% dalam perhitungan aset tertimbang menurut risiko (ATMR).

Dukungan untuk program KBL BB juga datang dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). Hal itu dilakukan dengan kemudahan penukaran baterai kendaran listrik. “Salah satu kendala motor listrik ialah charging-nya. Bagaimana kalau listriknya habis?” ujar Direktur Mega Project PLN M Ikhsan Asaad.(Try/Ant/E-1)

Baca Juga

Ist/Kementan

Di Tuban, Penguatan Balai Penyuluhan Pertanian Disambut Antusias

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 11:40 WIB
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tuba, Murtadji, memberikan apresiasi terhadap kedatangan rombongan BPPSDMP, Kementerian...
Ist/Kementan

Petani Milenial Tuban Turut Menentukan Kemajuan Sektor Pertanian 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 11:31 WIB
Dedi menegaskan jika kualitas SDM pertanian yang terdiri dari Poktan, Gapoktan, petani, petani milenial, dan penyuluh meningkat, pertanian...
Ist/Kementan

Kementan Apresiasi Pengolahan Padi Modern Gapoktan Tri Mulyo Tani

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 11:15 WIB
Menurut Mentan, salah satu komitmennya kepada petani dan gapoktan adalah salah satunya melalui Kredit Usaha Rakyat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya