Sabtu 05 September 2020, 06:41 WIB

Puluhan Pelanggar Bermasker Dihukum Berdoa Di Makam Covid-19

Heri Susetyo | Nusantara
Puluhan Pelanggar Bermasker Dihukum Berdoa Di Makam Covid-19

MI/Heri Susetyo
Hukuman berdoa di pemakaman korban covid-19 bagi pelanggar aturan Bermasker.

 

SEBANYAK 54 warga yang terjaring razia masker dihukum berdoa di pemakaman covid-19 di Delta Praloyo Kabupaten Sidoarjo, Jumat malam (4/9).

Mereka terjaring petugas gabungan Polri, TNI, dan Satpol PP saat keluyuran di sejumlah titik di kawasan Kota Sidoarjo, Kabupaten Buduran dan sejumlah titik lain. Padahal aturan jam malam di Sidoarjo masih diberlakukan mulai pukul 22.00 WIB hingga 04.00 WIB. 

Para pelanggar protokol kesehatan ini disuruh mengenakan rompi warna oranye bertuliskan "Pelanggar Protokol Kesehatan". Mereka juga diberi masker petugas.

Selanjutnya para pelanggar yang kebanyakan anak muda tersebut dinaikkan dua unit kendaraan truk dan dibawa ke Makam Delta Praloyo di Desa Gebang Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Seperti diketahui, para pasien yang meninggal akibat covid-19 sebagian besar dikebumikan di pemakaman tersebut. 

Di pemakaman itu mereka disuruh berdoa. Masing-masing di antara mereka harus duduk menghadap satu makam. Sementara doa dipimpin salah satu pelanggar protokol kesehatan yang kebetulan seorang santri yang biasa mengaji. 

Sebagian pelanggar protokol kesehatan yang semula terlihat celometan, mimiknya mulai agak serius saat doa dilantunkan. Apalagi saat mereka berdoa di tengah makam, ada satu lampu yang semula menyala tiba-tiba dipadamkan. 

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji menegaskan, pihaknya bersama TNI dan Satpol PP sudah melakukan berbagai upaya untuk mendisiplinkan masyarakat Sidoarjo. Di antaranya hukuman membersihkan makam, masjid, jalan, dan bahkan hukuman fisik push up, namun ternyata belum bisa mengena. 

"Dengan kami bawa ke makam khusus korban covid-19 di Sidoarjo ini adalah pesan moral kepada masyarakat yang belum mentaati protokol kesehatan," kata Sumardji. 

Sumardji menambahkan, kegiatan razia dengan sasaran pelanggar protokol kesehatan ini akan terus dilakukan di Sidoarjo. Demikian pula hukuman membawa para pelanggar ke makam covid-19 juga akan terus dilakukan setiap hari. 

Agus,25, salah satu pelanggar protokol kesehatan yang terjaring razia mengaku kapok. Dia mengaku tidak pernah masuk makam di malam hari, apalagi di pemakaman khusus korban covid-19. 

"Saya kapok tidak akan mengulangi lagi keluyuran tengah malam apalagi tak memakai masker," kata Agus. 

Sidoarjo saat ini masih masuk zona merah. Data terakhir hingga Jumat jumlah pasien positif covid-19 sebanyak 5.276 orang dan 340 orang di antaranya meninggal dunia. Namun angka kesembuhan meningkat sebanyak 4.050 orang. (J-1)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fachrurrozi

Meski Zona Hijau, Kaltara Terapkan Disiplin

👤Ihfa Firdausya 🕔Senin 21 September 2020, 04:45 WIB
Per 18 September 2020, jumlah kumulatif kasus aktif covid-19 di Kaltara sebanyak 66...
Antara

Pemprov Sumbar Terbitkan Perda Pelanggar Protokol Kesehatan

👤Yose Hendra 🕔Minggu 20 September 2020, 23:27 WIB
Jika masih kedapatan tidak bermasker, siap-siap saja didenda atau sanksi...
MI/Adi Kristiadi

Ayam Ras Bertelur Jumbo Hebohkan Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 20 September 2020, 21:50 WIB
WARGA Kampung Kudang, Desa Banyuasih, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, dihebohkan dengan seekor ayam ras yang bertelur ukuran...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya