Jumat 04 September 2020, 16:55 WIB

NasDem Duga Harga Robot Pemadam Kebakaran Pemprov DKI Dimark Up

Hilda Julaika | Megapolitan
NasDem Duga Harga Robot Pemadam Kebakaran Pemprov DKI Dimark Up

MI/PIUS ERLANGGA
Petugas beraktivitas di dekat robot damkar LUF 60

 

ANGGOTA DPRD DKI Fraksi NasDem Ahmad Lukman Jupiter menduga pemerintah DKI Jakarta melakukan penggelembungan (mark up) harga robot pemadam kebakaran dengan tipe LUF 60. Dugaan ini diarahkan kepada Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta.

Menurutnya, penggelembungan itu terjadi pada pengadaan robot pemadam kebakaran. Robot dengan tipe LUF 60 yang dibeli Pemprov DKI dengan uang milik rakyat harganya mencapai Rp8,89 miliar.

"Saya sebagai wakil rakyat mendesak kepada kepala dinas pemadam kebakaran untuk memberikan penjelasan terkait hal ini, uang rakyat jangan dihambur-hamburkan dan di mark up," kata Jupiter saat dihubungi Media Indonesia, Jumat (4/9).

Baca juga: Pemprov DKI Beli Robot Pemadam Kebakaran dari Kroasia

Pasalnya, harga robot LUF 60 ini terlampau mahal bila dibandingkan dengan yang dibeli oleh negara lain. Ia menyebutkan, negara seperti Singapura dan Kanada memberli jenis robot yang sama hanya mengeluarkan sebesar Rp4 miliar.

Menurut Jupiter, harga tersebut terlalu mahal jika dibandingkan dengan harga di sejumlah negara. Ia menyebut, di Singapura dan Kanada robot pemadam harganya cuma Rp4 Miliar beserta dengan harga pengangkut mobilnya.

"Saya sudah melakukan pengecekan harga, di Singapura dan Kanada cuma Rp4 Miliar beserta mobil pengangkut robot itu. Hal seperti ini harusnya tidak boleh terjadi," kritiknya.

Untuk itu, pihaknya meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan pemeriksaan perihal dugaan penyalahgunaan anggaran ini.

"Saya meminta BPK harus segera melakukan pemeriksaan dalam pengadaan robot pemadam itu. Saat ini Jakarta dalam kondisi sulit, tidak boleh lagi ada korupsi. Kalau memang diperlukan, KPK juga harus segera bertindak," tegasnya.

Sebagai informasi, temuan dugaan penggelembungan pengadaan robot pemadam kebakaran ini diungkap jelang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD DKI tahun 2019. Pemprov DKI Jakarta membeli robot pemadam kebakaran senilai Rp8 miliar. (OL-4)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Erick Apresiasi Bandara Soekarno-Hatta Paling Aman dari Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 18 September 2020, 15:14 WIB
Sebagai pintu gerbang utama Indonesia, bandara Sokarno-Hatta menjadi satu tempat yang penting dalam pencegahan penyebaran...
ANTARA FOTO/Fauzan

3.711 Kamar Hotel Siap Tampung Pasien OTG di Jakarta

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 18 September 2020, 14:42 WIB
Saat ini sudah ada 27 hotel yang siap dijadikan tempat isolasi mandiri bagi pasien covid yang tanpa gejala dan gejala...
Ilustrasi

Polisi Olah TKP Tewasnya Anggota Polri di Pondok Ranggon

👤Kisar Rajaguguk 🕔Jumat 18 September 2020, 14:22 WIB
Olah TKP dilakukan untuk memeriksa lokasi dan kendaraan (motor) yang ditumpangi korban saat ambruk di...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya