Jumat 04 September 2020, 14:30 WIB

Banjir Meluas Ribuan Rumah di Dua Kabupaten di Kalsel Terendam

Denny Susanto | Nusantara
Banjir Meluas Ribuan Rumah di Dua Kabupaten di Kalsel Terendam

MI/Denny Susanto
Banjir di Kalimantan Selatan

 

Tingginya intensitas hujan dalam beberapa waktu terakhir menyebabkan bencana banjir yang melanda wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) meluas. Saat ini sebagian wilayah dua kabupaten di Kalsel, yaitu Tanah Bumbu dan Tanah Laut dilanda banjir dengan ketinggian banjir 1-2 meter.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Jumat (4/9), banjir disebabkan tingginya curah hujan yang turun dalam beberapa waktu terakhir. "Banjir terjadi di daerah dataran rendah yang rawan bencana. Ribuan rumah terendam dan sebagian warga harus diungsikan," tuturnya.

Berdasarkan data Pusat Pengendalian dan Operasional BPBD Kalsel, banjir melanda tujuh desa di Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu dan lima desa di Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut. Banjir terjadi di wilayah sepanjang daerah aliran sungai akibat luapan Sungai Satui dan Sungai Kintap.

Baca juga: Kerajinan Kasongan Tembus Pasar Eropa

Ada pun desa-desa yang dilanda banjir meliputi Desa Sinar Bulan, Desa Sungai Danau, Desa Sejahtera Mulia, Desa Satui Barat, Desa Jombang, Desa Makmur Mulia dan Desa Satui Timur. Wilayah terparah dilanda banjir, yaitu Desa Sinar Bulan dan Sungai Danau dengan ketinggian banjir mencapai 2-3 meter.

Total korban banjir di Kecamatan Satui sebanyak 3.804 keluarga atau 14.989 jiwa. Hampir 100 keluarga terpaksa diungsikan karena rumahnya hampir tenggelam. Saat ini ketinggian air berangsur turun.

Sementara di Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut desa-desa yang dilanda banjir meliputi Desa Kintapura, Desa Kintap, Desa Kintap Kecil, Desa Riam Adungan dan Desa Salaman. Total korban terdampak banjir di Kabupaten Tanah Laut ini sebanyak 752 buah rumah yang dihuni 848 keluarga atau 2.494 jiwa.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa bencana banjir yang terjadi sejak Kamis (3/9) kemarin ini. Banjir juga menyebabkan puluhan hektare sawah dan sejumlah ruas jalan trans Kalimantan yang menghubungkan Banjarmasin, ibu kota Kalsel ke dua kabupaten tersebut ikut terendam banjir. (OL-14)

 

Baca Juga

Ilustrasi

SAR Asmat Evakuasi Kru KM Adi Utama ke Dermaga Agats

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 21 September 2020, 07:08 WIB
Kejadian kapal atau perahu bocor bahkan tenggelam acapkali terjadi di wilayah perairan Kabupaten Asmat yang masih di bawah wilayah kerja...
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Terus Mengawal Protokol Kesehatan

👤Heri Susetyo 🕔Senin 21 September 2020, 05:20 WIB
Denda dan sanksi sosial terbukti membuat warga lebih disiplin. Di Sidoarjo, jumlah pelanggar protokol kesehatan terus...
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Lebih Ketat setelah 3 Calon Terpapar

👤FL/CS/FR/N-3 🕔Senin 21 September 2020, 05:10 WIB
Gogot Cahyo Baskoro menyebut fenomena itu ialah bukti bahwa banyak peserta pilkada yang mengabaikan protokol kesehatan. “Akibatnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya