Jumat 04 September 2020, 14:30 WIB

Gempa Magnitudo 5,3 di Laut Banda Tidak Berpotensi Tsunami

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Gempa Magnitudo 5,3 di Laut Banda Tidak Berpotensi Tsunami

Instagram @infobmkg
BMKG melaporkan gempa tektonik berkekuatan 5,3 skala richter (SR) mengguncang wilayah Laut Banda sekira pukul 12.00 WIB, Jumat (4/9).

 

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik berkekuatan 5,3 skala richter (SR) menguncang wilayah laut Banda sekira pukul 12.00 WIB, Jumat (4/9).

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter dengan magnitudo M=5,3.

"Episenter gempabumi terletak pada koordinat 6,46 LS dan 129,23 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 250 kilometer arah Timur Laut Maluku Barat Daya pada kedalaman 225 kilometer," Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangannya, Jumat (4/9).

Baca juga: Pentingnya Analisis Water-Balance untuk Perencanaan Lingkungan

Terkait jenis dan mekanisme gempa bumi, lanjut Rammat dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi laut banda.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi geser atau oblique thrust fault," sebutnya.

Guncangan gempa bumi ini dirasakan di Saumlaki II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Meskipun demikian, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," paparnya

Hingga pukul 12.30 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Rahmat mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah," pungkasnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id). (H-3)

 

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Klaster Pendidikan Dicabut dari RUU Ciptaker

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 25 September 2020, 06:20 WIB
Peran pemerintah dalam mereformasi distribusi dana BOS sudah tepat dengan mengedepankan prinsip keadilan bukan dihitung berdasarkan jumlah...
ANTARA FOTO/Agus Bebeng

Surat Nikah Inggit-Soekarno Dijual

👤Ant/H-1 🕔Jumat 25 September 2020, 06:10 WIB
Arsiparis dari Dispusip Kota Bandung, Juni Akbar, menyarankan hal tersebut karena dokumen surat dari tokoh pendiri bangsa itu memiliki...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Gaungkan Kesadaran Kontrasepsi

👤Wan/H-2 🕔Jumat 25 September 2020, 06:00 WIB
Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggaungkan kembali kesadaran berkontrasepsi seiring dengan kompleksnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya