Jumat 04 September 2020, 10:55 WIB

Hari Pelanggan Nasional, TransJakarta Uji Cobakan New Mikrotrans

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Hari Pelanggan Nasional, TransJakarta Uji Cobakan New Mikrotrans

Dok. PT Transportasi Jakarta
New Mikrotrans yang diperasikan oleh PT Transportasi Jakarta

 

Bertepatan pada Hari Pelanggan Nasional yang jatuh hari ini, PT Transjakarta meluncurkan uji coba angkutan purwarupa 'New Mikrotrans' di kantor pusat PT Transjakarta, Jalan Letjen MT Haryono, Jakarta Timur.

Kendaraan dengan spesifikasi baru ini diujicobakan sebanyak satu unit yang beroperasi di rute Jak10 (Tanah Abang-Kota) untuk enam bulan ke depan hingga Maret 2021. Ada 78 titik pemberhentian yang akan dilalui dalam rute ini.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan jenis kendaraan baru untuk mikrotrans ini diujicobakan untuk terus meningkatkan standar pelayanan minimal (SPM) sesuai dengan Permenhub Nomor 29 tahun 2015.

"Sejak Permenhub itu terbit, seluruh angkutan umum wajib untuk ber-AC. Untuk itu kami terus berupaya mereformasi dan meningkatkan standar pelayanan minimal. Diharapkan dengan spesifikasi kendaraan ini, masyarakat akan semakin merasa aman dan nyaman serta selamat selama menggunakan angkutan umum," kata Syafrin.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menjelaskan purwarupa New Mikrotrans diujicobakan untuk mendapat gambaran teknis dan gambaran penghitungan tarif bagi operator yang sudah bekerja sama dengan TransJakarta dalam menjalankan unit mikrotrans di seluruh wilayah Ibu Kota.

"Dari uji coba ini akan didapat gambaran teknis mengenai kebutuhan operasional dan juga biaya operasional, sehingga nantinya didapatkan gambaran tarif yang bisa kita tawarkan atau negosiasikan dengan operator kami," jelasnya.

Baca juga: Empat Halte Transjakarta Bakal Terhubung dengan Stasiun KAI

Direktur Pelayanan PT Transjakarta Achmad Izul Waro menyampaikan bahwa berbeda dengan armada mikrotrans sebelumnya, unit New Mikrotrans ini dirancang lebih nyaman karena dilengkapi dengan air conditioner (AC).

Selain itu, unit tersebut lebih lega karena memiliki kapasitas yang lebih banyak, yakni 15 orang saat kondisi normal dan selama pandemi dioperasikan dengan kapasitas sebesar 50% dari kapasitas normal atau maksimal tujuh orang.

Kendaraan ini juga sudah dilengkapi dengan mesin tap on bus untuk melayani pembayaran nontunai, tapi selama masa uji coba ini tarifnya gratis.

Selain itu, armada New Mikrotrans ini juga memilik spesifikasi lainnya, yakni:
• Pintu sliding otomatis
• Buka dan tutup pintu dari Pramudi
• AC double (ducting)
• TV widescreen
• Kursi penumpang berbahan busa yang nyaman
• CCTV (4 camera) + DVR
• Running text ada monitor
• OBU (Onboard Unit)
• APAR (Alat pemadam ringan)
• Sabuk Keselamatan
• Palu pemecah kaca

Dalam ujicoba ini, TransJakarta tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah diberlakukan.

"TransJakarta tentunya kami menyiapkan unit ini dengan sanitasi yang sesuai dengan prosedur yang telah diterapkan di TransJakarta," kata Izzul. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Aprilio Akbar

Anies Ajak Tokoh Masyarakat Betawi Ikut Sosialisasikan 3M

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 September 2020, 20:19 WIB
Menurutnya Jakarta akan terus mencari kasus aktif atau orang-orang yang terpapar dengan meningkatkan tes covid hingga lima kali standar...
Antara/Reno Esnir

Meninggal Karena Korona, Camat Kelapa Gading Sempat Dirawat di RS

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 September 2020, 20:01 WIB
ARDS sendiri suatu kondisi gangguan pernapasan yang tiba-tiba yang menghambat proses pertukaran...
MI/Arya Manggala

Anies: Vaksin Amerika Siap Kuartal 3 2021 , Indonesia Lain Cerita

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Sabtu 19 September 2020, 18:46 WIB
"Kita juga melihat di sini ada masalah dan tantangan. Covid ini sampai sekarang belum kelihatan ujungnya. Belum kelihatan kapan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya