Jumat 04 September 2020, 07:01 WIB

Tekan Angka Tenaga Medis Gugur, Pemerintah Ubah SOP Covid-19

Candra Yuri Nuralam | Humaniora
Tekan Angka Tenaga Medis Gugur, Pemerintah Ubah SOP Covid-19

ANTARA/Rony Muharrman
Sejumlah tenaga kesehatan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) ketika bersiap melakukan tes usap di Pekanbaru, Riau.

 

PEMERINTAH berencana mengubah standar operasional prosedur (SOP) untuk petugas medis yang menangani pasien covid-19. Pemerintah tidak ingin petugas medis tumbang.

"Akan diatur kembali pedoman dan pelaksana di lapangan agar ada perbaikan dan kasus tenaga medis yang terdampak bisa ditekan," kata Ketua Pelaksana Komite Penanggulangan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Erick Thohir, di Jakarta, Kamis (3/9).

Pemerintah menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) untuk meracik SOP baru dalam penanganan wabah covid-19. Keamanan petugas medis dalam menangani pandemi tetap jadi nomor satu.

Baca juga: Tenaga Medis Diprioritaskan Terima Vaksin Covid-19

"Intinya, protokol keselamatan dan proteksi dokter serta perawat harus mendapat perhatian serius agar tingkat risiko mereka gugur dalam tugas bisa ditekan," ujar Erick.

Sebanyak 100 dokter telah gugur melawan covid-19. Angka kematian dokter di Indonesia itu bahkan masuk daftar tertinggi di dunia.

"Ini sudah angka 100. Itu laporan dari lapangan. Yang saya tahu angka kematian dokter di Indonesia itu termasuk tertinggi dari negara lain," kata Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Daeng M Faqih, Senin (31/8).

Daeng mengaku sudah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 untuk meningkatkan perlindungan terhadap tenaga kesehatan yang ikut melawan covid-19. IDI juga tengah mencari solusi bersama Kementerian Kesehatan serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Ribuan Mahasiswa dari 39 Perguruan Tinggi Raih Beasiswa BI 2020

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 30 September 2020, 13:55 WIB
BANK Indonesia (BI) menyerahkan beasiswa kepada 2.200 mahasiwa dari 39 perguruan tinggi baik negeri dan swasta di...
MI/Susanto

Dino Patti Djalal Pulih dari Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 30 September 2020, 13:13 WIB
Rosa mengatakan Dino sebelumnya mendapat perawatan di Intensive Care Unit (ICU) selama 14 hari di RSPAD Gatot Soebroto sejak dirinya...
MI/Dwi Apriani

Penyerapan APBD untuk Pandemi Covid-19 Baru 46,9%

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Rabu 30 September 2020, 12:51 WIB
Pemerintah pusat mengalokasikan dana sebesar Rp695 triliun. Sedangkan pemerintah daerah sebesar Rp78 triliun dan dana desa sebanyak Rp28...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya