Jumat 04 September 2020, 05:10 WIB

Situasi Pendemi Tuntut Perubahan Model Bisnis

Fer/P-1 | Humaniora
Situasi Pendemi Tuntut Perubahan Model Bisnis

MI/FERDIAN ANANDA
Ketua Dewan Redaksi Media Group yang baru Usman Kansong (kedua dari kiri) jabatan di Gedung Media Group, Kedoya, Jakarta, kemarin.

 

USMAN Kansong dipercayakan menggantikan Saur Hutabarat sebagai Ketua Dewan Redaksi Media Group. Serah terima jabatan disaksikan Board of Advisors Media Group Adrianto Machribie dan CEO Media Group M Mirdal Akib di Gedung Media Indonesia, Jakarta Barat, kemarin.

Selain itu, Gaudensius Suhardi dipercaya menjadi Direktur Pemberitaan Media Indonesia mengantikan Usman Kansong. Abdul Kohar menjadi Dirut Lampung Post dan Budiyanto dipercayakan memimpin Medcom.

Hadir dalam silaturahim dan serah terima di antaranya Adrianto Machribie, Saur Hutabarat, Elman Saragih, Don Bosco Selamun, Kania Sutisnawinata, dan Nunung Setiyani.

Usman Kansong mengaku situasi pandemi covid-19 ini menuntut kebijakan perusahaan untuk melakukan banyak perubahan dalam model bisnis, termasuk model pencarian berita atau peliputan. Bahkan dalam konteks pencarian iklan dan penonton.

“Menurut saya itu yang menjadi tugas penting dewan redaksi sekarang ini. Bagaimana membawa Media Group untuk beradaptasi dan bertransformasi menuju cara-cara jurnalisme maupun bisnis yang baru,” kata Usman.

Usman tak memungkiri Media Group yang memiliki sejumlah unit usaha di sektor pemberitaan tentunya membutuhkan kepemimpinan yang mampu menjawab tantangan ke depan. Meskipun, dirinya berlatar belakang media cetak, tetap optimistis mampu bersinergi dalam konvergensi media.

CEO Media Group M Mirdal Akib menyampaikan perubahan dalam struktur oraganisasi di lingkup Media Group merupakan hal biasa. Namun, yang menjadi spesial terjadi perubahan di kepemimpinan ketua dewan redaksi.

“Jadi dewan redaksi pengambil kebijakan editorial dari seluruh platform di bawah Media Group karena tantangan ke depan berbeda dan tidak hanya person yang berubah, tetapi juga sistemnya,” sebutnya.

Saur Hutabarat menyebut perubahan yang dilakukan di lingkup Media Group penuh pemahaman dan kebaikan untuk perkembangan ke depan.

“Biasanya yang tua belum mau digantikan dengan alasan yang muda belum siap, dan ini perlu memberikan jam terbang kepada yang muda, untuk regenerasi,” kata Saur. (Fer/P-1)

Baca Juga

ANTARA/Iggoy el Fitra

Kebanyakan Warga Jakarta Bawa Kantong Belanja Sendiri

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 18:54 WIB
Tentu saja ada catatan-catatan untuk lebih baik pelaksanaannya ke...
MI/Rudi Kurniawansyah

Empat Strategi Satgas Penanganan Covid-19 Ubah Perilaku

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 18:37 WIB
Strategi tersebut yakni perlu tahu informasi yang benar, memperingatkan, memberi insentif, dan...
Antara/Novrian Arbi

Pemerintah Siapkan Dua Puskesmas untuk Simulasi Vaksinasi Covid-19

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 18:35 WIB
Rinciannya, Puskesmas Abiansemal di Kabupaten Badung, Bali, serta Puskesmas Tanah Sereal di Kota Bogor, Jawa Barat. Saat ini, pemerintah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya