Jumat 04 September 2020, 06:50 WIB

Perusahaan Elon Musk bakal Luncurkan Satria

(Ins/Ant/E-1 | Ekonomi
Perusahaan Elon Musk bakal Luncurkan Satria

ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Menkominfo Johnny G Plate (kanan) melakukan salam siku dengan CEO PT Thales Indonesia Erik-Jan Raatgerink (kedua kiri), di Jakarta, kemarin.

 

Indonesia akan menggandeng Space-X, perusahaan transportasi luar angkasa milik Elon Musk, dalam peluncuran Satelit Multifungsi Republik Indonesia (Satria).

Adapun untuk pengerjaan pembuat satelitnya, Indonesia memercayakan pabrikan asal Prancis, Thales Alenia Space (TAS).

Demikian dikemukakan Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate saat konferensi pers Penandatanganan Kerja Sama Dimulainya Konstruksi Satelit Multifungsi Satria di Jakarta, kemarin.

“Peluncuran akan dilakukan dengan menggunakan roket Falcon 9-5500 yang diproduksi oleh Space-X, perusahaan asal Amerika,” kata Johnny.
Peluncuran satelit tersebut direncanakan pad
a 2023 mendatang.

Poyek Satria menunjukkan keseriusan pemerintah untuk melakukan percepatan transformasi digital. Menurut Menteri Kominfo, momentum itu akan menandai layanan publik yang prima.

“Sebagaimana diamanatkan Bapak Presiden Joko Widodo. Momentum ini juga menandai harapan kebangkitan ekonomi digital dan hadirnya layanan publik yang prima bagi seluruh masyarakat,” imbuh Johnny. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengapresiasi langkah Kominfo terkait Satelit Satria yang ditargetkan bisa memberikan akses ke 150 ribu titik untuk wifi gratis di seluruh Tanah Air.

“Kami turut bangga atas rencana Satria yang menggunakan skema Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Kami berharap agar satelit ini bisa sustain dan beroperasi di 2023,” ujar  Airlangga.

Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Adi Rahman Adiwoso, mengungkapkan seluruh pengadaan Satria, termasuk roket, dilaksanakan melalui tender internasional. Selain SpaceX, PSN juga mempertimbangkan pabrikan roket asal China dan Rusia.

Adi mengatakan proyek Satelit Satria akan melengkapi jaringan tulang punggung serat optik Palapa Ring sepanjang 12.000 km yang diselesaikan pada 2019. (Ins/Ant/E-1)

 

Baca Juga

MI/Ferdinand

OJK Dukung dan Optimalkan Implementasi Pemulihan Ekonomi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 September 2020, 21:24 WIB
Wimboh juga menegaskan OJK siap mendorong industri jasa keuangan untuk menyalurkan sektor-sektor unggulan di Jawa...
Dok MI

Penyaluran Dana PEN Lewati Rp100 Triliun pada Akhir September

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 20 September 2020, 20:00 WIB
"Sudah pasti tahun ini lewat Rp100 triliun, karena sudah lewat semuanya programnya dari mulai program subsidi gaji juga susah jalan...
Ray White Indonesia

Ray White Gelar Acara Penghargaan Secara Virtual

👤RO 🕔Minggu 20 September 2020, 19:22 WIB
Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Ray White dalam memberikan apresiasi pada marketing agent yang sukses meraih pencapaian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya