Kamis 03 September 2020, 10:15 WIB

Penting! Melakukan Konsultasi Keluarga selama Pandemi Covid-19

Mediaindonesia.com | Humaniora
Penting! Melakukan Konsultasi Keluarga selama Pandemi Covid-19

Dok.Ist
Konsultan keluarga yang juga pemerhati sosial, M Agus Syafii.

 

diberitakan, selama pandemi ternyata angka perceraian di sejumlah daerah meningkat.

Salah satu penyebabnya adalah lantaran sang suami terkena PHK. Hal itu berdampak pada perekonomian keluarga sehingga menimbulkan konflik yang berujung gugatan perceraian dari  pihak istri.  

Saat menanggapi fenomena tersebut, konsultan keluarga yang juga pemerhati sosial, M Agus Syafii menyebut bahwa  masalah perekonomian memang kerap menjadi gangguan yang serius dalam kehidupan rumah tangga yang berimbas kepada istri yang tanggung jawabnya bertambah besar untuk memenuhi kebutuhan keluarga yang melebihi batas kesanggupan. Alhasil terjadilah konflik yang berlarut-larut dan beranggapan bahwa perceraian adalah sebuah solusi.

Padahal perceraian bukan solusi terbaik dalam menghadapi masalah rumah tangga. Salah satu  cara untuk mengatasi hal tersebut yaitu konsultasi  keluarga.

"Cara menjaga rumah tangga yang pertama adalah saling memberi, saling memaklumi dan yang ketiga adalah memaafkan. Kalau pasangan suami istri di dalam benaknya atau pikiran adalah ingin saling memberi maka keduanya tidak akan ada saling menuntut," ujarnya.

Baca juga: Pandemi, 2.038 Istri di Brebes Gugat Cerai

"Kedua, memaklumi. Ketika pasangan hidup kita bermasalah, melakukan kesalahan sengaja atau tidak maka tugas yang lain adalah memaklumi. Kemudian memaafkan. Apabila kesalahan seperti berbohong menghianati selingkuh yang dirasakan menyakitkan maka maafkanlah pasangan. Ketiga resep itulah upaya untuk menjaga keutuhan rumah tangga."

Yang perlu dilkukan istri ketika suami kena PHK, kata dia adalah mencari alternatif bersama.  Untuk bisa mandiri dan menemukan solusi produktif. Semua pemasukan sebaiknya dipegang istri.

"Ketika lebih sering berdua akan lebih banyak bermasalah. Banyak istri hamil dan menjadi tanggung jawab atau beban istri jadi lebih berat. Karena pekerjaan rumah bertumpu pada istri dan itu memicu pertengkaran," ujarnya

Untuk ia menyarankan setiap pasangan berkonsultasi ketika ada masalah. Mereka bisa datang ke Rumah Amalia. Mereka siap membantu memberikan solusi konsultasi pasca pernikahan kepada pasangan yang akan atau menikah.

“Prinsipnya, jangan pernah lelah untuk merawat rumah tangga. Merawat keluarga berarti merawat kemanusiaan kita. Cara kita merawat pernikahan dengan kasih sayang.  Tanggung jawab dan kesetiaan pada pa

Baca Juga

ANTARA/HO-KLHK

Kelahiran Dua Individu Badak Jawa di TNUK

👤(Ant/H-1) 🕔Senin 21 September 2020, 06:10 WIB
KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasio-nal 2020, mengumumkan kelahiran sepasang...
ANTARA

Ria Miranda Rilis Koleksi Baru Elea Bertema Bunga Setaman

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 03:45 WIB
DESAINER muslim berdarah Minang, Ria Miranda, 35, merilis koleksi barunya Fall 2020 bernama Elea yang terinspirasi dari berbagai...
Dok. Istagram@SEOYEJI

Seo Ye-Ji Sembuh dari Trauma karena Peran Moon Young

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 03:15 WIB
AKTRIS Korea Selatan, Seo Ye-ji, 30, mengaku sembuh dari trauma karena...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya