Kamis 03 September 2020, 19:18 WIB

Sambangi Kediaman Wapres, Prabowo Bahas Lumbung Pangan

Indriyani Astuti | Ekonomi
Sambangi Kediaman Wapres, Prabowo Bahas Lumbung Pangan

Dok. Setwapres RI
Wapres Ma'ruf Amin bertemu dengan Menhan Prabowo Subianto.

 

MENTERI Pertahanan Prabowo Subianto menyambangi kediaman Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Kamis (3/9) ini. Pertemuan keduanya berlangsung sekitar 45 menit.

Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi mengungkapkan kedatangan Prabowo bertujuan membahas ketahanan pangan di Indonesia. "Pak Prabawo juga mengundang khusus Wapres untuk datang ke kantornya. Dia ingin menjelaskan lebih rinci tentang food estate," jelas Masduki saat dikonfirmasi, Kamis (3/9).

Ketahanan pangan dikatakannya memiliki kaitan erat dengan pandemi covid-19. Sebab, setiap negara harus bersiap membangun ketahanan pangan. Sehinga tidak tergantung impor dari negara lain. 

Baca juga: Ekonomi Kontraksi, Sektor Pertanian Masih Tumbuh Positif

"Kita sangat bergantung pada beras, itu harus diversifikasi. Pak Prabowo menyebutkan angka 1,4 juta hektare di berbagai daerah untuk lumbung pangan. Sebagian non-beras, seperti singkong, sagu, sorgum dan jagung," papar Masduki.

Berdasarkan laporan Menhan kepada Wapres, lanjut dia, sudah dilakukan survei lokasi terkait rencana tersebut. Adapun penanaman akan dimulai pada 2021. Wapres disebut merespons baik rencana yang disampaikan Prabowo.

Baca juga: Pemerintah Jamin Masyarakat Termiskin Dapat Bantuan Saat Pandemi

"Pak Prabowo cerita investasi ini akan berangkat dari dana negara. Berikutnya ada dana dari investasi. Yang tertarik dengan konsep ini ada dari berbagai negara juga, seperti Korea Selatan, Abu Dhabi, Qatar dan Tiongkok,” katanya.

Menhan juga berjanji akan melibatkan masyarakat. Hal itu menjadi catatan Wapres agar program ketahanan pangan melibatkan unsur masyarakat setempat. Adapun Wilayah yang diproyeksikan menjadi lumbung pangan, yaitu Kalimantan Tengah, Merauke, Bangka Belitung dan Jambi.(OL-11)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Biasanya Kena Rob, tapi Kali Ini Petani Cilacap Berhasil Panen

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 19:22 WIB
Kegiatan ini hasil dari tanam yang dilakukan secara serempak bersamaan dengan pencanangan GPOT oleh Bapak Menteri Pertanian Syahrul Yasin...
Antara

PT KAI Gelar Diskon 25 Persen untuk Layanan Ini

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 17:00 WIB
PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memberikan diskon 25 persen, untuk layanan angkutan barang menggunakan Rail...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Pemerintah Siapkan Diskon Wisata Rp2,35 juta per Orang

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 26 September 2020, 16:15 WIB
Stimulus itu direncanakan akan memiliki anggaran sebesar Rp1 triliun dan dirilis berbarengan dengan pendistribusian vaksin covid-19 pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya