Kamis 03 September 2020, 14:50 WIB

Mendagri: Pendaftaran Pilkada Tak Boleh ada Arak-arakan

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Mendagri: Pendaftaran Pilkada Tak Boleh ada Arak-arakan

MI/Solmi
Mendagri Tito Karnavian

 

MENTERI Dalam Negeri Tito Karnavian menegaskan tahapan pilkada serentak 2020 harus menjalankan protokol kesehatan. Oleh sebab itu, tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah yang akan berlaku mulai besok, Jumat (4/9) hingga Minggu (6/9) tidak boleh terdapat pengerahan masa atau konvoi.

"Besok, atau mulai tanggal 4 hingga 6 September merupakan tahapan pendaftaran calon. Maka harus diumumkan dan saya tegaskan tidak boleh ada arak-arakan atau konvoi dalam pendaftaran yang tidak mengindahkan protokol kesehatan," ujar Tito pada Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelanggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional Tahun 2020 melalui video conference, Kamis (3/9).

Menurut dia, pelaksanaan tahapan pendaftaran pasangan calon kepala daerah di 270 daerah yang akan menggelar pilkada harus mentaati protokol kesehatan. Pengumpulan massa yang berlebihan harus dihindari oleh seluruh pasangan calon.

Ia menekankan supaya tahapan ini hanya diikuti beberapa orang saja selain pasangan calon. Selain itu, menuju atau setelah proses pendaftaran pun tidak boleh ada kerumunan pendukung, konvoi atau kegiatan yang berpotensi menyebabkan penularan covid-19.

"Pendaftaran dilakukan dengan terbatas dan bisa menggunakan media massa dan virtual tidak seperti dulu rombongan ramai. Hari ini harus disampaikan karena besok poin pentingnya (waktu pendaftaran dimulai)," pungkasnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara

Kebijakan Keadilan Restoratif Diapresiasi

👤Dhk/Cah/P-1 🕔Jumat 25 September 2020, 05:58 WIB
Jaksa Agung ST Burhanuddin mengatakan awalnya ragu sebelum mengeluarkan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020 tersebut karena tidak ingin...
ANTARA/HAFIDZ MUBARAK A

Ketua KPK Minta Maaf Langgar Kode Etik

👤Dhk/P-1 🕔Jumat 25 September 2020, 05:40 WIB
Dalam putusannya, majelis etik Dewas KPK menjatuhi sanksi ringan berupa teguran tertulis 2 dan mewajibkan Firli tak mengulangi kesalahannya...
MI/Adam Dwi

Positif Covid-19, Benny Tjokro Batal Jalani Tuntutan

👤Tri/Ant/P-2 🕔Jumat 25 September 2020, 05:34 WIB
Tidak hanya Benny, terdakwa lain, yakni Komisaris Utama PT Trada Alam Minera Heru Hidayat juga dinyatakan positif covid-19 sehingga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya