Kamis 03 September 2020, 13:40 WIB

Van Aert Rebut Finish Etape Ke Lima Tour de France

Dero Iqbal Mahendra | Olahraga
Van Aert Rebut Finish Etape Ke Lima Tour de France

AFP/DAVID STOCKMAN
Wout Van Aert

Dua puluh jam setelah kemenangan dari pimpinan tim Jumbo-Visma, Primoz Roglic di Orcières-Merlette, kini giliran rekan satu timnya, yaitu Wout Van Aert yang merebut podium di etape ke lima Tour de France.

Kemenangan tersebut menjadikan kemenangan kedua berturut dari tim Jumbo-Visma. Saat di Privas, Wout Van Aert memanfaatkan kesempatan ketika kompetisi sprint berlangsung terpecah menjadi kelompok kecil. Ini terjadi setelah pecahnya rombongan yang diciptakan oleh tim Ineos-Grenadiers sembilan kilometer sebelum finish.

Dilansir laman resmi Tour de France, pembalap Belgia yang juga merasakan kemenangan pada Strade Bianche dan Milan-San Remo memiliki kebebasan pada etape ini. Ia tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan sekarang memiliki dua kemenangan dalam turnamen ini setelah setahun sebelumnya mendapatkan kemenangan di Albi.

Jalannya etape ke-5

Etape kelima dimulai dengan cukup santai sebab tidak ada pembalap pemula pada gap awal babak. Sebanyak 172 pembalap meninggalkan Hauntes-Alpes di tengah cerahnya matahari dan kondisi yang santai. Hanya ada satu upaya awal dari Kasper Asgreen yang merupakan rekan satu tim Julian Alaphilippe pemegang kaus kuning.

Namun setelah empat kilometer, tidak ada yang berusaha untuk mengambil posisi di depan untuk membuat jarak dengan rombongan besar. Alhasil para pemain utama tidak kesulitan untuk berada di kerumunan rombongan.

Baca juga: Tim Rival Sebut Ineos tidak Garang Lagi

Ketika rombongan tiba di pertengahan etape di kilometer 48 dalam formasi kelompok, Sam Bennett dari Deceuninck-Quick Step menjadi pembalap tercepat dan sementara ini mengambil alih kaus hijau dari Peter Sagan. Saat memasuki jalur lereng yang sedikit menurun kecepatan para pembalap tetap berada pada kecepatan moderat. Mereka meninggalkan kawasan pegunungan Alpen.

Pembalap tim pemilik kaus kuning Julian Alaphilippe dan pembalap dari Jumbo-Visma Primoz Roglic secara bergantian mengatur kecepatan rombongan tanpa memaksakan diri keluar dari rombongan.

Dalam etape ini menjelang titik akhir terdapat dua tanjakan kategori empat. Benoît Cosnefroy dari tim AG2R La Mondiale membuat pencapaian sebagai yang pertama mencapai puncak untuk mengukuhkan posisinya di kaus polkadot.

Angin dingin kuat yang berhembus dari samping dan depan sempat membuat rombongan pembalap gugup. Sepp Kuss dari Jumbo-Visma sempat terjatuh dan menyeret Richard Carapaz, tapi keduanya dengan cepat bergabung kembali dengan rombongan.

Sebuah manuver dari Ineos dari Grenadiers membuat rombongan terpecah menjadi dua, namun gagal menggeser pembalap favorit. Hal ini membuat semuanya ditentukan oleh sprint final sebelum garis akhir.

Kesempatan inilah yang dimanfaatkan pembalap Belgia Wout Van Aert. Dia mampu menunjukkan kekuatannya setelah dibebastugaskan dari perannya untuk men-support pimpinan timnya Primoz Roglic and Tom Dumoulin. Wout Van Aert finis pertama disusul oleh Cees Bol dari Sunweb dan Sam Bennett pemilik kaus hijau. (OL-14)

 

Baca Juga

AFP

Terjatuh, Alex Marquez Gagal Hattrick Podium

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 26 Oktober 2020, 02:34 WIB
Padahal, adik juara dunia Marc Marquez itu sempat tampil prima pada paruh pertama kompetisi di Grand Prix Teruel pada Minggu waktu...
AFP

Pensiun, Khabib Penuhi Janji demi sang Ibu

👤MI 🕔Senin 26 Oktober 2020, 01:35 WIB
AKHIRNYA Khabib Nurmagomedov harus memenuhi janji yang terlontar untuk sang...
 AP Photo/Antonio Calanni.

Cara Lewis Hamilton Protes Kebrutalan Polisi Nigeria

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 Oktober 2020, 22:30 WIB
Hamilton merupakan satu-satunya pebalap kulit hitam yang ada di grid Formula...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya