Kamis 03 September 2020, 11:40 WIB

AS Jatuhkan Sanksi pada Jaksa ICC

Faustinus Nua | Internasional
AS Jatuhkan Sanksi pada Jaksa ICC

AFP/DEBBIE HILL
Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo

 

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo pada Rabu (2/9) menjatuhkan sanksi kepada jaksa International Criminal Court (ICC) yang dinilai sebagai serangan serius terhadap supremasi hukum internasional.

AS menerapkan sanksi ekonomi terhadap Fatou Bensouda dan pejabat senior ICC lainnya, Phakiso Mochochoko, setelah larangan pemberian visa. Pasalnya, kedua pejabat tinggi lembaga internasional yang berkedudukan di Den Haag itu gagal menghentikan penyelidikan kejahatan perang terhadap personel militer AS di Afghanistan.

"Hari ini kami mengambil langkah berikutnya karena ICC terus menargetkan Amerika," kata Pompeo.

Baca juga: Biden akan Berkunjung ke Kenosha

ICC dengan cepat merespons sanksi tersebut sebagai serangan serius terhadap suprasi hukum. AS telah mencederai lembaga tinggi internasional dan hal itu belum pernah terjadi sebelumnya.

"Tindakan koersif ini yang diarahkan pada lembaga peradilan internasional dan pegawai sipilnya belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan serangan serius terhadap pengadilan, sistem peradilan pidana internasional Statuta Roma, dan supremasi hukum secara umum," ujar ICC dalam sebuah pernyataan.

Ada pun sanksi tersebut telah membekukan aset kedua pejabat. AS juga melarang setiap individu di negaranya melakukan bisnis dengan mereka. (CNA/OL-14)

 

Baca Juga

Dok: Kedubes RI

Kain Endek Bali Warnai Koleksi Christian Dior Spring/Summer 2021

👤Usman Kansong 🕔Rabu 30 September 2020, 22:11 WIB
Kain Endek Bali menjadi bahan pilihan Christian Dior untuk koleksi Spring/Summer 2021 yang di peragakan dalam Paris Fashion...
Ist

Lembaga Keuangan Internasional Seharusnya Bantu Cegah Wabah Baru

👤Deri Dahuri 🕔Rabu 30 September 2020, 19:56 WIB
Lebih dari 10 ribu orang di dunia telah menandatangani petisi yang meminta institusi finansial internasional berhenti mendanai...
AFP

Pertempuran di Nagorno-Karabakh Renggut Puluhan Jiwa

👤Nur Aivanni 🕔Rabu 30 September 2020, 14:25 WIB
JUMLAH total warga sipil yang tewas telah meningkat menjadi 11 orang, yakni sembilan di Azerbaijan dan dua di Armenia, sehingga total...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya