Kamis 03 September 2020, 09:18 WIB

DPR Minta Kemenhan Prioritaskan Kesejahteraan Prajurit

Theofilus Ifan Sucipto | Politik dan Hukum
DPR Minta Kemenhan Prioritaskan Kesejahteraan Prajurit

ANTARA/Irwansyah Putra
Prajurit TNI Batalyon Raider 112/Dharma Jaya Kodam Iskandar Muda mengikuti latihan pemeliharaan, di pantai Lampuuk Aceh Besar, Aceh.

 

KEMENTERIAN Pertahanan (Kemenhan) diminta memprioritaskan kesejahteraan prajurit TNI. Masalah kesejahteraan dinilai kerap menjadi akar perseteruan TNI dan Polri.

"Di lapangan, komitmen TNI sangat luar biasa, tetapi yang kita dapati terkait kesejahteraan prajurit, mudah-mudahan sudah lebih baik," kata anggota Komisi I DPR Sukamta di Jakarta, Kamis (3/9).

Sukamta menyebut, hingga akhir 2019, uang lauk dan uang pangan saat purnatugas belum memadai. Jumlah uang yang diberikan tidak bertambah dari tahun ke tahun.

Baca juga: TNI Ganti Rugi Korban Ciracas dengan Dana talangan

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menilai masalah kesejahteraan kerap melatarbelakangi konflik TNI dan Polri.

Sukamta berharap kesejahteraan prajurit TNI bisa sejajar dengan kesejahteraan Polri.

"Kita berharap yang (kesejahteraan) TNI mohon bisa diakselerasi supaya bisa mengejar. Sebab, kalau ini akar masalahnya, kita mau disiplinkan bagaimanapun juga," tegas Sukamta.

Anggota Komisi I lainnya, Sturman Panjaitan, meminta Kemenhan mengkaji kebutuhan di masing-masing daerah. Sebab, harga barang pokok di setiap wilayah berbeda-beda.

"Buat kajian yang berbeda, jangan dipukul rata (harganya)," tutur Sturman.

Wakil Menhan Sakti Wahyu Trenggono mengapresiasi masukan tersebut. Dia mengatakan, selama ini, Kemenhan sudah menganggarkan dana sesuai peraturan Kementerian Keuangan.

"Tapi, saat ini, kami terus mencari cara untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit," ucap Trenggono. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/ANGGIA P

Tersangka Kasus Surat Jalan sudah P21

👤Ykb/Cah/P-1 🕔Selasa 29 September 2020, 06:13 WIB
Adapun tersangka dalam kasus dugaan suap penghapusan red notice ialah Tommy Sumardi dan Joko Tjandra sebagai pemberi suap. Lalu, Brigjen...
Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

Giliran Advokat Dikorek soal Kasus Suap Nurhadi

👤Cah/P-1 🕔Selasa 29 September 2020, 06:05 WIB
Nurhadi diduga menerima suap Rp33,1 miliar dari Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal Hiendra Soenjoto lewat menantunya, Rezky Herbiyono....
 MI/Susanto

Dua Kubu di KPK Dinilai Wajar

👤Cah/P-1 🕔Selasa 29 September 2020, 05:56 WIB
Yang penting kan keputusan soal pengunduran diri ini sama sekali tidak memengaruhi sistem dan kebijakan penegakan hukum dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya