Kamis 03 September 2020, 02:30 WIB

Tujuh Daerah di Aceh Jadi Zona Merah Penyebaran Covid-19

mediaindonesia.com | Nusantara
Tujuh Daerah di Aceh Jadi Zona Merah Penyebaran Covid-19

AFP/CHAIDEER MAHYUDDIN
Ilustrasi penerapan protokol kesehatan di Banda Aceh

 

JURU bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani menyampaikan laporan terkait tujuh kabupaten/kota di daerah Tanah Rencong masuk dalam zona merah atau berisiko tinggi penyebaran virus yang menyerang sistem pernafasan tersebut.

Saifullah mengatakan zona berisiko tinggi yakni merah, berisiko sedang zona orange, dan rendah zona kuning. Dari 23 kabupaten/kota di Aceh, tujuh di antaranya zona merah.

"Tingkat risiko peningkatan kasus covid-19 sangat penting diketahui karena mempengaruhi persepsi, tingkat kewaspadaan, dan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan di kalangan masyarakat maupun para pengambil kebijakan di daerah," kata Saifullah, di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, daerah yang dinilai zona merah meliputi Kota Banda Aceh, Kabupaten Aceh Besar, Aceh Barat Daya, Pidie, Nagan Raya, Aceh Barat, dan Aceh Selatan.

Sedangkan zona orange seperti Kabupaten Aceh Tamiang, Pidie Jaya, Kota Lhokseumawe, Kota Subulussalam, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Kota Langsa, Kota Sabang, Aceh Tengah, Simeulue, Aceh Timur, Aceh Utara, Gayo Lues, dan Bener Meriah.

"Aceh Tenggara merupakan satu-satunya yang masih zona kuning. Jumlah kasus yang konfirmasi covid-19 di Aceh Tenggara hingga saat ini sebanyak tiga orang, dan semuanya sudah sembuh," ucapnya.

Baca juga: Covid-19 Papar 200 Pekerja Medis di Aceh

Jubir yang akrab disapa SAG itu menyampaikan kasus covid-19 di Aceh terus meningkat. Penambahan 48 kasus baru per hari ini, sehingga telah mencapai 1.696 orang.

"Hari ini pasien covid-19 yang dilaporkan meninggal dunia dua orang. Lalu kasus baru asal Banda Aceh 26 orang dan Aceh Besar 17 orang. Sementara warga Aceh Selatan, Aceh Tamiang, Bireuen, Nagan Raya, bertambah satu orang, dan sisa satu orang berasal dari luar Aceh," tuturnya.

Secara kumulatif, kasus covid-19 Aceh sebanyak 1.696 orang, di antaranya 1.013 orang dalam penanganan tim medis di rumah sakit rujukan atau melakukan isolasi mandiri, 615 orang telah sembuh, dan 68 orang meninggal dunia.(Ant/OL-5)

Baca Juga

Antara/Kornelis Kaha

Kemenhub Kebut Pembangunan Pelabuhan di Labuan Bajo

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 19 September 2020, 21:54 WIB
"Kami memastikan proyek tetap berjalan, namun dalam pelaksanaannya harus mematuhi protokol kesehatan," ujar...
Istimewa

Pemilih di Pilkada Kalsel Mayoritas Milenial

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 19 September 2020, 18:18 WIB
Data Pemilu 2019 sebelumnya jumlah pemilih kelompok umur milenial semakin mendominasi. Suara kelompok milenial ini sangat sexy dan menjadi...
dok.123rf

Mencemaskan, DIY Bertambah 74 Kasus Baru Covid-19

👤Ardi T Hardi 🕔Sabtu 19 September 2020, 17:55 WIB
Hari ini, Sabtu (19/9) penambahan kasus baru positif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyentuh rekor baru, yaitu 74...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya