Kamis 03 September 2020, 05:50 WIB

Subsidi Upah Bisa Lanjut Tahun Depan

Iam/Ins/Ant/E-1 | Ekonomi
Subsidi Upah Bisa Lanjut Tahun Depan

ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah
Pekerja pabrik sepatu PT Changsin Reksa Jaya berjalan keluar pabrik di Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (31/8).

 

Program bantuan subsidi upah (BSU) dapat berlanjut hingga tahun depan. Hal ini dengan catatan program berjalan dengan baik dan meningkatkan daya beli masyarakat.

"Tapi, untuk sekarang hingga Desember dulu," kata Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir seusai bertemu dengan jajaran pengurus Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Jakarta, kemarin.

Penyaluran stimulus sebesar Rp2,4 juta tersebut akan dikirimkan ke masing-masing rekening penerima. Dan akan diberikan dalam dua tahapan. "Pertama untuk gaji September-Oktober pada Agustus dan September ini. Alhamdulillah di pertengahan September targetnya kalau bisa sudah tembus kira-kira 13,8 juta," jelasnya.

Dirinya berharap stimulus tersebut dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

"Saya yakin para anggota Kadin dan asosiasi pengusaha lainnya juga ingin program ini sukses, karena turut membantu para karyawan yang membutuhkan akibat terdampak oleh covid, " pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Erick menuturkan, pihaknya menggandeng Kadin bekerja sama dalam pengawasan penyaluran subsidi gaji kepada karyawan swasta.

Di sisi lain, Kadin Indonesia menilai program bantuan subsidi upah bagi pekerja atau buruh yang menerima gaji di bawah Rp5 juta dapat meningkatkan daya beli di masyarakat.

"Program ini memang sangat membantu daya beli yang sangat diperlukan

oleh kita dalam rangka bertahan di tengah tekanan pandemi," ujar Ketua Umum Kadin Rosan Roeslani.

Ia mengatakan pihaknya memastikan program yang sudah dicanangkan pemerintah itu dapat tepat sasaran dan implementasinya berjalan dengan baik.

"Sudah mulai cair di beberapa perusahaan tentunya, insya Allah ini bisa berjalan dengan baik karena program ini adalah program yang sangat membantu kami," ucapnya. (Iam/Ins/Ant/E-1)

Baca Juga

Dok. SOGO

Brand Make Up Asal Jepang Tambah Gerai Baru

👤MI 🕔Jumat 25 September 2020, 00:35 WIB
SEBAGAI leading department store di Indonesia, SOGO Department Store tidak berhenti untuk terus memanjakan para pelanggan...
Antara/Asep Fathulrahman

Kementrian ATR Berhasil Daftarkan 24 Juta Bidang Tanah

👤Insi Nantika Jelita 🕔Jumat 25 September 2020, 00:35 WIB
Selain PTSL, Kementerian ATR bakal berfokus pada pelaksanaan Reforma Agraria. Sofyan juga mengatakan bahwa program ini terus dipantau oleh...
Dok. Pribadi

Industri Kuliner Rumahan Bergeliat Di Tengah Pandemi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Jumat 25 September 2020, 00:33 WIB
“Saya gunakan sebagian dari insentif pertama saya untuk membeli peralatan membuat kopi dari rumah dan Puji Tuhan saat ini saya sudah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya