Kamis 03 September 2020, 00:17 WIB

Gandeng Tokopedia Bantu UMKM, Kowani Fair 2020 Digelar Online

Syarief Oebaidillah | Ekonomi
Gandeng Tokopedia Bantu UMKM, Kowani Fair 2020 Digelar Online

MI/Angga Yuniar
ketua Umum Kowani Giwo Rubianto

 

KONGRES Wanita Indonesia kembali menggelar ajang Kowani Fair yang mengedepankan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Indonesia. Namun, karena pandemi Covid-19, Kowani Fair kali ini diselenggarakan secara daring (online) dengan menggandeng platform e-commerce, Tokopedia.

Kowani Fair 2020 yang berlangsung 1-4 September dan dibuka secara khusus oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki diikuti oleh 250 pelaku UMKM.

Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto mengatakan, Kowani Fair merupakan perwujudan dari komitmen, konsistensi Kowani untuk ikut serta  meningkatkan harkat perempuan melalui kegiatan perekonomian guna pemantapan kesejahteraan keluarga pada khususnya dan kesejahteraan bangsa pada umumnya.

"Ini menjadi bagian konsistensi Kowani untuk memfasilitasi, mediasi serta mengantarkan UMKM guna  terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dalam menjalankan perekonomian masyarakat,” kata Giwo.

Kowani Fair 2020 mengambil tema Gebyar Kemerdekaan Kowani Fair Online di Era New Normal. Giwo menambahkan, lewat ajang yang digelar secara daring, Kowani juga ingin ikut mempersiapkan masyarakat Indoneisia di era Industry 4.0.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memberikan apresiasi kepada Kowani yang secara konsisten terlibat dalam upaya pemberdayaan ekonomi UMKM.

Ia mengungkapkan, saat ini pelaku usaha di Indonesia, sekitar 99 persen merupakan koperasi dan UMKM. Pelaku usaha UMKM menyumbang setidaknya 60 persen PDN nasional, menyerap 97 persen tenaga kerja dan berkontribusi 14,7 persen pada ekspor nasional.

Baca juga : The Bencoolen Coffee Beri Pelatihan Bagi Peserta Kartu Prakerja

Sedangkan data BPS sekitar 43,45 persen pengusaha UMKM non pertanian adalah kaum perempuan . Database KemenkopUKM menunjukkan dari total 123.048 koperasi aktif, 11.458 diantaranya adalah koperasi wanita.

”Melalui Kowani Fair ini menunjukan peran perempuan sebagai  pahlawan dan pilar ekonomi, yang menopang ekonomi keluarga  amat strategis dan  penting,” ujar Teten.

Menteri Pendayagunaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga juga mengapresiasi Kowani Fair. Menurutnya, ajang Kowani Fair tidak hanya  membantu kaum perempuan untuk  berusaha, tapi juga membuktikan  kaum prempuan bisa  berdaya dan mandiri menghadapi pandemi covid 19.

“Potensi kaum perempuan dalam pembangunan nasional amat besar jika dimanfaatkan secara maksimal ,maka kita  perlu bekerjasama. Kerjasaama Kowani dan Tokopedia semoga  dapat menginpirasi.mari kita bersatu dan memberi solusi ,”tukas Bintang.

Pengusaha yang juga Wakil Ketua DPR dari NasDem Rachmat Gobel mengatakan, Kowani telah menunjukan peran strategis di tingkat nasional dan internasional dalam berbagai bidang ekonomi dan sosial. 

“Semoga  Kowani terus meningkatan kualitas dan perannya menjadi wadah perjuangan kaum perempuan  Indonesia,” pungkas Rachmat Gobel (OL-7)

Baca Juga

DOK KEMENTAN

Edukasi Webinar Drama Anak:Aku dan Hewan Kesayanganku Bebas Rabies

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:21 WIB
Bedasarkan informasi dari Badan Kesehatan Hewan Dunia (OIE), setiap sembilan menit satu orang meninggal dunia karena...
ANTARA FOTO/Saptono/

Kinerja Asuransi masih Melorot

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 26 September 2020, 06:40 WIB
ASOSIASI Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) melaporkan pendapatan industri asuransi jiwa yang menurun, dari Rp118,3 triliun pada semester I...
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/foc.

Literasi Jadi Tantangan Bank Syariah

👤 (Try/E-2) 🕔Sabtu 26 September 2020, 06:30 WIB
ASOSIASI Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) menyatakan peningkatan literasi dan inklusi masyarakat terhadap perbankan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya