Kamis 03 September 2020, 00:11 WIB

Bima Arya Cek Penambahan Ruang Isolasi di Dua Rumah Sakit

mediaindonesia.com | Megapolitan
Bima Arya Cek Penambahan Ruang Isolasi di Dua Rumah Sakit

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah
Simulasi penanganan pasien positif covid-19

 

WALI Kota Bogor Bima Arya mengatakan lonjakan kasus positif covid-19 yang terjadi di wilayahnya harus segera diantisipasi. Karena itu, hari ini, Rabu (2/9), ia mengunjungi dua rumah sakit yakni RS Marzoeki Mahdi dan RS Hermina untuk mengecek persiapan penambahan ruang rawat dan isolasi untuk pasien positif covid-19.

"Lonjakan kasus positif covid-19 di Kota Bogor harus segera diantisipasi. Jangan sampai tidak tertangani," kata Bima saat mengunjungi RS Hermina di Kota Bogor, Rabu (2/9).

Ia menuturkan kamar perawatan isolasi untuk pasien kasus positif covid-19 di seluruh RS di Kota Bogor ada 258 tempat tidur. Sebanyak 120 tempat tidur di antaranya ada di RSUD Kota Bogor.

"Sekitar 80% dari jumlah ruang perawatan isolasi itu sudah terisi," imbuhnya.

Oleh karena itu, ucap dia, lonjakan kasus positif covid-19 di Kota Bogor yang trennya masih tinggi harus diantisipasi dengan menambah ruang rawat isolasi.

Kedua rumah sakit yang dikunjungi Bima Arya menyiapkan penambahan ruang rawat khusus isolasi. Pihak RS Marzieki Mahdi menyiapkan lima ruangan rawat khusus isolasi, tiga di antaranya berkompresi negatif, sedangkan RS Hermina menyiapkan beberapa ruang rawat khusus isolasi dengan 15 tempat tidur.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Rumah Sakit Marzoeki Mahdi dan Rumah Sakit Hermina, yang menambah ruang isolasi untuk pasien kasus positif covid-19," tukasnya.

Baca juga:  PDP Anak 75 Kasus, Bima Arya Ogah ambil Risiko Aktivasi Sekolah

Untuk orang tanpa gejala (OTG), menurut Bima, disiapkan tempat isolasi mandiri secara khusus di Pusat Rehabilitasi Narkoba milik Badan Narkotika Nasional (BNN) di Lido.

"Tim dari Dinas Kesehatan Kota Bogor sedang melobi untuk melakukan kerja sama," ungkapnya.

Direktur RS Hermina Bogor Emma Ratnawati mengatakan pihaknya semula menyiapkan 15 tempat tidur untuk pasien positif covid-19.

"Saat ini kami sudah menyiapkan 15 tempat tidur lagi," kata Emma.

Pihaknya juga mengantisipasi lonjakan kasus positif covid-19 dan siap menambah tujuh tempat tidur lagi.

"Jadi seluruhnya akan kami siapkan 37 tempat tidur," ucapnya.

Berdasarkan data harian covid-19 Dinas Kesehatan Kota Bogor, Rabu, ada 666 kasus positif covid-19. Dari jumlah tersebut, 394 kasus dinyatakan sembuh atau selesai isolasi, 32 kasus positif meninggal dunia, serta 240 kasus positif masih sakit atau menjalani isolasi.(Ant/OL-5)

Baca Juga

 BAY ISMOYO / AFP

Kasus Positif Covid-19 di Jakarta Tembus 70 Ribu

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 17:54 WIB
Kasus aktif di Ibu Kota per hari ini (26/9) sudah menembus angka 13.155. Adapun total jumlah kasus terkonfirmasi sudah mencapai 70.184...
Medcom.id/Hendrik

Pelecehan Seksual di Bandara Soekarno-Hatta Terdorong Birahi

👤Rahmatul Fajri 🕔Sabtu 26 September 2020, 16:30 WIB
EFY dinilai juga melakukan pemerasan kepada korban, LHI untuk mendapatkan uang...
Antara/M Risyal Hidayat

Anies Klaim Kasus Covid-19 Melandai, Epidemiolog: Belum Stabil

👤Hilda Julaika 🕔Sabtu 26 September 2020, 15:51 WIB
Meski terjadi penurunan kasus aktif covid-19 di Ibu Kota menjadi 12%, namun epidemiolog memandang penurunan itu bersifat sementara. Sebab,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya