Rabu 02 September 2020, 23:48 WIB

DPR Keberatan Pemerintah Turunkan Volume LPG Subsidi 3 Kg

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
DPR Keberatan Pemerintah Turunkan Volume LPG Subsidi 3 Kg

MI/Andri Widiyanto
LPG 3kg

 

ANGGOTA Komisi VIII DPR RI Rudy Mas’ud tak setuju soal rencana pemerintah yang menurunkan volume LPG tabung subsidi 3 kg menjadi 7 juta metrik ton (MT).

Sebelumnya, pada 29 Juni Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral dan DPR sepakat volume LPG 3 kg untuk RAPBN 2021 sekitar 7,5 juta MT.

"Dampaknya pasti sangat berarti dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bagi orang miskin. Ini jadi pernyataan kami atas perubahan itu," kata Rudy dalam rapat kerja dengan ESDM di DPR RI, Jakarta, Selasa (2/9).

Masyarakat menengah ke bawah, katanya masih banyak yang menggunakan LPG bersubsidi. Rudy mengatakan, peningkatan volume LPG bersubsidi sangat penting dibanding subsidi bagi Pertalite.

"Subsidi Pertalite dialihkan saja ke subsidi LPG 3 kg. Ini permintaan rakyat Indonesia, wajib direalisasikan,” ucap Legislator dari Golkar itu.

Baca juga : Adian Napitupulu: Jangan Jadi Bangsa yang Gagap Saat Krisis

Sementara itu, Anggota Komisi VII lainya Alex Noerdin juga keberatan dengan rencana Menteri ESDM Arifin Tasrif soal nota keuangan RAPBN 2021 yang menurunkan volume tabung LPG 3 kg tersebut. Ia menegaskan subsidi tersebut jangan dikurangi.

"Kembalikan lah kesepakatan kita di 29 Juni itu. Bukan dikurangi," tukasnya.

Anggota DPR dari Fraksi PDIP Adian Napitupulu juga mempertanyakan kalau angka kemiskinan meningkat berdasarkan kalkulasi pemerintah, harusnya subsidi LPG 3 kg naik 10 persen.

"Saya tidak mengerti disituasi ini bahkan krisis tapi pemerintah tidak konsisten antara kalkulasi dan solusi. Kemiskinan naik, subsidi justru enggak ditambah," pungkas Adian. (OL-7)

Baca Juga

Dok Yummy Corps

Resesi Global, Yummy Corp Kantongi Pendanaan Rp175 Miliar

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 25 September 2020, 21:06 WIB
Investor-investor global baru tersebut akan bergabung dengan investor yang sejak awal sudah berinvestasi di Yummy Corp seperti Sinarmas...
Antara/Wahdi Septiawan

Perbaikan Harga Komoditas Dipengaruhi Ketersediaan Vaksin Covid-19

👤Fetry Wuryasti 🕔Jumat 25 September 2020, 20:17 WIB
Pada awal tahun depan, perekonomian diprediksi masih tertekan dampak pandemi covid-19. Alhasil, dinamika suplai dan permintaan diyakini...
freepix.com

300 Pelaku Usaha Bakal Ikuti Digital Conference Unboxing Digital

👤Retno Hemawati 🕔Jumat 25 September 2020, 18:48 WIB
Pelaku usaha seolah dipaksa belajar lebih cepat sekaligus memanfaatkan teknologi sehingga bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya