Kamis 03 September 2020, 02:55 WIB

La Roja Menguji Bintang Muda

Akmal Fauzi | Sepak Bola
La Roja Menguji Bintang Muda

AFP
Arsitek Spanyol Luis Enrique

 

ARSITEK Spanyol Luis Enrique bersiap menurunkan pemain muda andalan ketika menantang tuan rumah Jerman di laga pembuka Liga A Grup 4 UEFA Nations League di Stadion Mercedes Benz Arena, Stuttgart, dini hari nanti.

Enrique tidak ragu menurunkan pemain berusia 17 tahun, Ansu Fati, masuk skuad tim La Roja--sebutan timnas Spanyol. Wonderkid Barcelona itu menjadi andalan Blaugrana dalam 26 laga di Liga Spanyol 2019/2020 dan mampu melesakkan 7 gol.

“Jika kompetisi Eropa dimainkan besok, ini akan menjadi milik tim kami. Semua pemain harus berani melangkah ke depan, apakah mereka berusia 17 tahun atau 19 tahun atau 33 tahun,” kata Enrique dikutip dari lama Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA), kemarin.

Sementara itu, winger Wolverhampton Wanderers Adama Traore awalnya masuk skuad yang dipanggil. Namun, pemain berusia 24 tahun itu harus kembali mengubur impian melakoni debutnya di timnas senior Spanyol karena positif covid-19.

Traore menjadi pemain kedua di timnas Spanyol yang positif covid-19 setelah penyerang Real Sociedad, Mikel Oyarzabal, yang juga sudah dicoret dari tim. Di kubu Der Panzer--sebutan timnas Jerman--juru taktik Joachim Loew mengakui kesulitan memilih pemain.

Jadwal kompetisi yang padat di level klub sejak pandemi covid-19 membuatnya putar otak mencari pemain yang bugar. “Beberapa pemain cedera setelah musim berakhir, yang lainnya sudah memulai latihan bersama klubnya. Fokus kami adalah Euro (Piala Eropa) tahun depan,” kata Loew.

Jerman juga akan diperkuat tiga pemain anyar, Robin Gosens (Atalanta), Florian Neuhaus (Borussia Moechengladbach), dan Oliver Baumann (Hoffenheim). Robin Gosens merupakan pemain penting yang membawa Atalanta tampil tajam di Seri A dan Liga Champions. 

Florian Neuhaus bakal berperan di posisi gelandang dan Oliver Bauman mengisi pos di bawah mistar gawang. UEFA Nations League akan menjadi turnamen tim internasional pertama setelah Piala Eropa (Euro 2020) diundur ke 2021 akibat pandemi covid-19. 

Ini turnamen kedua sejak dimulai 2018 saat Portugal menjadi juara. Nations League tahun ini akan dimulai dan semua pertandingan tanpa penonton. Di divisi teratas atau disebut Liga A, diikuti 16 negara yang terbagi menjadi empat grup.


Rekor fantastis

Laga lain di Grup 4, Ukraina akan menjamu Swiss di Arena Lviv Stadium. Tuan rumah berambisi meneruskan rekor fantastis the Yellow and Blue--julukan timnas Ukraina--yang belum terkalahkan dalam 11 laga terakhir.

Pelatih Ukraina Andriy Shevchenko mengatakan timnya memang sudah sepantasnya masuk strata tertinggi dalam kompetisi ini. Legenda klub AC Milan itu juga mengaku memberi kesempatan banyak talenta muda untuk masuk di timnya.  “Kami layak berada di Liga A bersama timtim terbaik. Kami menganggap Nations League sebagai kompetisi yang penting, yakni banyak talenta muda punya kesempatan masuk dalam skuad,” kata Shevchenko. (AFP/UEFA/Sportsmole/R-2)

Baca Juga

JORGE GUERRERO/AFP

Real Madrid Masuk Lima Besar Klasemen Liga Spanyol

👤Antara 🕔Minggu 27 September 2020, 07:01 WIB
Real Madrid masuk lima besar Liga Spanyol setelah menang skor 3-2 melawan Real Betis. Pertandingan ini diwarnai kartu merah, gol bunuh diri...
AFP/Justin Setterfield

Everton Kembali Duduki Puncak Klasemen Liga Inggris

👤Antara 🕔Minggu 27 September 2020, 06:30 WIB
Everton kembali menduduki puncak klasemen Liga Inggris sementara setelah memenangi laga pekan ketiga melawan Crystal Palace di...
AFP/JOHN SIBLEY

Penalti Telat Fernandes Penentu Kemenangan MU

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Minggu 27 September 2020, 05:43 WIB
Bola yang menyentuh tangan Neal Maupay menjadi petaka bagi Brighton kendati wasit Chris Kavanagh sudah meniup peluit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya