Kamis 03 September 2020, 00:35 WIB

Pemerintah Siapkan Regulasi

MI | Humaniora
Pemerintah Siapkan Regulasi

ANTARA
Limbah Elektronik

 

DIREKTUR Penilaian Kinerja Pengelolaan Bahan Beracun dan Limbah Berbahaya Non Racun Ditjen PSL B3, Kementerian LHK, Sinta Saptarina Soemiarno, mengatakan masalah yang ditimbulkan limbah elektronik di Indonesia, antara lain terjadinya pencemaran lingkungan akibat pengolahan yang tak sesuai dengan kaidah yang benar dan tepat seperti diatur dalam peraturan perundangan.

Pemanfaatan limbah elektronik, kata dia, harus melalui serangkaian prosedur dan ketentuan yang wajib dilengkapi izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK). 

“Kendala lainnya ialah belum terbitnya peraturan khusus mengenai limbah elektronik mempersulit pengumpulan data limbah elektronik dari rumah tangga yang dianggap sebagai konsumen terbesar produk tersebut,” ujar Sinta.

Kewajiban bagi produsen untuk mengelola kembali produk usang mereka sebagai bagian dari tanggung jawab untuk mengelola kembali limbah elektronik belum diatur khusus. Sejauh ini Kementerian LHK baru memikili draf atau konsep peraturan atau kebijakan tentang pengelolaan limbah elektronik. 

Draf tengah dalam proses pembahasan antarkementerian atau lembaga terkait. Sinta mengatakan pencemaran akibat pengelolaan limbah elektronik yang tak ramah lingkungan telah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. 

Peraturan perundangan terkait pemanfaatan limbah elektronik mempersyaratkan dimilikinya izin pemanfaatan limbah elektronik agar pengelolaannya baik dan tepat sehingga tidak berdampak buruk pada lingkungan dan kesehatan masyarakat.

“Untuk itu, Kementerian LHK perlu mendorong agar setiap usaha pemanfaatan limbah elektronik mengikuti prosedur yang berlaku dan memastikan aman bagi masyarakat di sekeliling,” ujarnya.

Upaya yang pernah dilakukan terhadap usaha sejenis ialah sosialisasi mengenai bahaya pengelolaan limbah B3 secara ilegal, upaya relokasi usaha ataupun alih profesi bagi masyarakat, juga upaya penanggulangan pencemaran serta pemulihan lahan terkontaminasi, seperti pembersihan limbah, remediasi, rehabilitasi, atau restorasi. (Pro/M-4)

 

Baca Juga

Antara

17% Publik Yakin Kebal Covid-19, Doni: Pasti Tertular

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 29 September 2020, 03:45 WIB
Jika ada di antara orang-orang terdekatnya itu sudah positif Covid ya, cepat atau lambat pasti akan...
AFP

Park So-Dam Berperan Sesuai Karakter

👤MI 🕔Selasa 29 September 2020, 03:35 WIB
AKTRIS Korea Selatan Park So-dam, 29, saat ini tengah membintangi series Record of Youth, berperan sebagai penata...
Dok. Youtube

Silvany Austin Pasaribu Permalukan PM Vanuatu

👤Suryani Wandari Putri 🕔Selasa 29 September 2020, 03:10 WIB
"ANDA bukanlah representasi dari orang Papua, dan berhentilah berfantasi untuk menjadi salah...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya