Rabu 02 September 2020, 18:46 WIB

Kemenag Siapkan Bimbingan Perkawinan Secara Daring

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Kemenag Siapkan Bimbingan Perkawinan Secara Daring

Antara/Anis Efizudin
Simulasi resepsi pernikahan dengan adaptasi kebiasaan baru.

 

PANDEMI covid-19 menghambat sistem layanan birokrasi. Tidak terkecuali bimbingan perkawinan yang dilakukan Kementerian Agama (Kemenag)

Kasubdit Bina Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag Adib Machrus memastikan layanan pencatatan nikah tetap berlangsung. Pihaknya berupaya agar program bimbingan perkawinan (binwin) calon pengantin dapat dilaksanakan. Sebab, itu merupakan bagian dari rangkaian pencatatan nikah.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Ancam Kehidupan Kaum Perempuan

"Bimwin ini program yang sangat penting untuk ketahanan keluarga. Oleh karena itu di masa pandemi kami memempersiapkan program bimwin secara daring," ujar Adib dalam keterangan resmi, Rabu (2/9).

Adib mengatakan calon pengantin harus mengikuti binwin, sekalipun di masa pandemi covid-19. Mengingat, program itu memberikan bimbingan dan pelatihan terkait rumah tangga. Termasuk, pengetahuan dalam menghadapi masalah perkawinan dan keluarga.

"Justru di tengah pandemi seperti ini tantangan berumahtangga bisa lebih kompleks. Kami berharap para calon pengantin dapat mengikuti program ini meski secara daring,” pungkasnya.

Baca juga: Bantu Korban KDRT di Masa Pandemi

Program ini akan dilaksanakan secara daring di KUA tingkat kecamatan dan Kemenag tingkat kabupaten/kota. Nantinya, ada pihak terlatih, seperti penghulu dan penyuluh KUA, hingga tenaga kesehatan.

Komunikasi antara calon pengantin dan fasilitator akan dilakukan lewat Whatsapp Grup. Dia berharap program ini dapat dimulai pada pertengahan September secara nasional.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/ Susanto

Buku Pelajaran Harus Memuat Sejarah yang Benar Tentang G30S

👤Ilham Pratama Putra 🕔Jumat 25 September 2020, 10:15 WIB
Generasi bangsa ini harus mendapatkan bekal sejarah yang obyektif dan jujur agar lebih terarah dalam menatap masa depan Indonesia ...
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Prasyarat Pengakuan Masyarakat Adat Dinilai Berat

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 25 September 2020, 09:50 WIB
"Yang dikaji hanya keputusan itu saja, dan prasyarat sangat-sangat ketat. Jadi saya katakan prasyarat ini hampir semua regulasi sangat...
Ist

Untar Salah Satu Universitas Terbaik di Wilayah DKI Jakarta 2020

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 25 September 2020, 09:34 WIB
Prestasi tersebut  berdasarkan hasil Klasterisasi Perguruan Tinggi tahun 2020. Sebelumnya, Untar diumumkan menempati peringkat ke-31...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya