Rabu 02 September 2020, 16:43 WIB

Muba Jadi Percontohan Desa Keluarga Berkualitas Adaptasi Baru

Dwi Apriani | Humaniora
Muba Jadi Percontohan Desa Keluarga Berkualitas Adaptasi Baru

MI/Dwi Apriani
Peresmian Desa Keluarga Berkualitas Adaptasi Baru di Desa Sido Rejo, Kecamatan Keluang, oleh Kepala BKKBN RI Hasto W dan Bupati Muba Dodi RA

 

KABUPATEN Musi Banyuasin resmi menjadi Percontohan Keluarga Berkualitas Adaptasi Baru. Hal itu ditandai dengan peresmian Percontohan Desa Keluarga Berkualitas Adaptasi Baru di Desa Sido Rejo, Kecamatan Keluang yang diresmikan secara langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Hasto Wardoyo dan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin, Rabu (2/9).

Bupati Muba, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan bahwa semangat warga Desa Sido Rejo Kecamatan Keluang mengikuti program Keluarga Berencana sangat tinggi sehingga mereka mampu meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

"Niat warga untuk maju sangat tinggi. Oleh karena itu, Desa Sido Rejo ini menjadi percontohan Desa Keluarga Berkualitas Adaptasi," kata Dodi Reza Alex, kemarin.

Baca Juga: Musi Banyuasin Masuk Tiga Besar Terbaik Sensus Penduduk Online

Ia juga mengapresiasi pemerintahan desa yang dapat menyajikan data kependudukan Kampung KB seperti data keluarga, data potensi desa, anak sekolah, serta data lansia dengan lengkap.

"Data yang disajikan luar biasa dan berkualitas karena kita dapat mengetahui seberapa banyak usia produktif, berapa anak balita, dan berapa orang yang akan menikah, serta punya anak," tuturnya.

Dodi mengatakan, edukasi dan implementasi Keluarga Berencana di tengah pandemi Covid-19 ini harus terus digencarkan dengan semangat dan adaptasi yang baru.

Baca Juga: Kepala BKKBN Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama

Sementara itu, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Republik Indonesia, Hasto Wardoyo mengaku takjub dengan lingkungan Desa Sido Rejo Keluang yang sangat asri, bersih, dan rapi.

"Desa Sido Rejo Keluang Muba ini memang sangat pantas menjadi percontohan, data sangat lengkap dan keren. Saya berharap, Desa-Desa di seluruh Indonesia dapat mencontoh apa-apa yang sudah dilakukan di Desa Sido Rejo Kabupaten Muba ini," tegasnya.

Ia menambahkan, Provinsi Sumsel khususnya Kabupaten Muba harus bangga telah memiliki Desa yang sangat komitmen dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga. Menurutnya, setelah dicanangkan oleh Presiden RI, Peresmian Desa Keluarga Berkualitas (KB) Era Adaptasi Baru di Desa Sidorejo Kecamatan Keluang ini adalah yang Pertama kali diresmikan di Indonesia.

"Tentu ini tidak terlepas dari komitmen dan dukungan yang massif Pemkab Muba, harus terus ditingkatkan dan dimaksimalkan," pungkasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

MI/ANDRI WIDIYANTO

Klaster Pendidikan Dicabut dari RUU Ciptaker

👤Atikah Ishmah Winahyu 🕔Jumat 25 September 2020, 06:20 WIB
Peran pemerintah dalam mereformasi distribusi dana BOS sudah tepat dengan mengedepankan prinsip keadilan bukan dihitung berdasarkan jumlah...
ANTARA FOTO/Agus Bebeng

Surat Nikah Inggit-Soekarno Dijual

👤Ant/H-1 🕔Jumat 25 September 2020, 06:10 WIB
Arsiparis dari Dispusip Kota Bandung, Juni Akbar, menyarankan hal tersebut karena dokumen surat dari tokoh pendiri bangsa itu memiliki...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Gaungkan Kesadaran Kontrasepsi

👤Wan/H-2 🕔Jumat 25 September 2020, 06:00 WIB
Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggaungkan kembali kesadaran berkontrasepsi seiring dengan kompleksnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya