Rabu 02 September 2020, 15:28 WIB

DKI Bakal Fasilitasi UMKM di Trotoar, DPRD: Jadi Kumuh

Hilda Julaika | Megapolitan
DKI Bakal Fasilitasi UMKM di Trotoar, DPRD: Jadi Kumuh

Antara/Sigid Kurniawan
Pedagang berjualan di trotoar kawasan Kramat Raya, Jakarta.

 

PEMERINTAH Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta berencana memfasilitasi pelaku UMKM untuk berjualan di trotoar. Namun, kebijakan tersebut masih menunggu rekomendasi dari sejumlah instansi.

Anggota DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menilai rencana ini sebagai kebijakan yang kurang tepat. Menurutnya, fasilitas trotoar hanya mampu menampung 2-3 UMKM. Keberadaan pedagang berpotensi menimbulkan kesan kumuh. Serta, mengganggu hak pejalan kaki.

“Ini kebijakan yang nanggung. Kasih lokasi yang benar,” ujar anggota fraksi PDIP saat dihubungi, Rabu (2/9).

Wilayah DKI Jakarta dikatakannya memiliki banyak lahan untuk dijadikan lokasi khusus bagi UMKM. Dia kembali menegaskan aktivitas perdagangan di trotoar hanya menimbulkan kesan kumuh dan tidak teratur.

Baca juga: Koalisi Pejalan Kaki Tolak Keras Penempatan PKL di Trotoar

“Banyak itu tanah di DKI Jakarta, lokasi yang bisa dimanfatakan banyak. Jangan berserakan di troroar dan pinggir jalan. Trotoar sudah dibikin cantik. Kebijakan ini jadinya tidak terukur,” kritik Gilbert.

Pihaknya berharap Pemprov DKI menghasilkan kebijakan yang terukur dan pertimbangan yang baik. Tentunya kebijakan tersebut harus memberikan solusi terbaik bagi sektor UMKM.

“Saya harapkan bikin kebijakan itu dihitung baik-baik. Jangan kayak demam dikasih obat warung. Harusnya dikasih kebijakan yang mantap, kasih antibiotik maka sembuh,” tegasnya.(OL-11)

Baca Juga

Antara/Galih Pradipta

Rumah OTG yang Isolasi Mandiri akan Ditempeli Stiker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:26 WIB
Tujuan diberikannya penanda itu agar masyarakat dan petugas kesehatan dapat segera mengetahui apabila di dalam rumah tersebut ada warga...
Dok. Polda Metro Jaya

Tak Kunjung Ditemukan, Polisi Sebar Foto Napi WN Tiongkok

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:05 WIB
Cai Chang Pan kabur dari Lapas Kelas I Tangerang pada 14 September lalu. Dia berhasil kabur melalui gorong-gorong yang sudah digali selama...
istimewa

Ada Demo Anti Trump Di Lido Resort

👤Aries Wijaksena 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 17:48 WIB
Donald Trump dan Harry Tanoe disebut-sebut sebagai pemilik Lido Resort. Lido Resort sebelumnya milik Bakri Group sebelum diakuisisi MNC...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya