Rabu 02 September 2020, 03:20 WIB

Mobile Lab Bantu Percepat Penanganan Covid-19

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Mobile Lab Bantu Percepat Penanganan Covid-19

ANTARA FOTO/Moch Asim
Tenaga kesehatan mengoperasikan mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) di dalam mobil lab molekuler.

 

TIGA unit mobil laboratorium (mobile lab) dipastikan siap beroperasi pada pekan terakhir September ini. Armada tersebut dihadirkan untuk membantu mempercepat penanganan covid-19 menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) di Ibu Kota.

Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi DKI Jakarta Endra Muryanto mengatakan laboratorium keliling itu hadir berkat kerja sama Pemprov DKI Jakarta dan Human Initiative dan Agile innovation (Ai) Labs.

Mobile lab ini nanti siap untuk melakukan pemeriksaan PCR. Kapasitas tes maksimal per hari 300 sampel. Begitu di-swab, dilakukan pemeriksaan di dalam laboratorium, kemudian ada proses mix PCR dan ekstraksi sampel yang di ruangannya pun sudah negative pressure,” ujar Endra, kemarin.

Hadirnya mobil laboratorium diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan tes covid-19 di DKI Jakarta. Mengenai lokasi, jadwal keliling mobil, serta persyaratan bagi warga yang akan melakukan pemeriksaan di mobile lab, terang Endra, akan diinformasikan setelah seluruh armada dinyatakan memenuhi syarat uji laboratorium.

Senior General Manager Project Manajemen Human Initiative Ferry Suranto menambahkan, kesiapan mobile lab itu telah mencapai tahap 80%. Menurut dia, semua peralatan laboratorium juga telah disesuaikan dengan standar operasional prosedur (SOP) yang ditentukan dan membantu menghadirkan laboratorium pendamping di DKI Jakarta.

Mobile lab ini untuk menjangkau tempat-tempat yang ditemukan kasus lebih banyak. Jadi, ketika ditemukan kasus dan memang penyebaran orangnya ada di sana, kita akan datangi wilayah-wilayah yang berpotensi kasus baru tersebut,” tandasnya. (Put/Ssr/J-2)

Baca Juga

AFP/Adek BERRY

Warga DKI Diminta tidak Khawatir Soal Ketersediaan Makam Covid-19

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Oktober 2020, 05:55 WIB
Saat ini, pemerintah daerah telah menyiapkan lahan TPU baru di Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta...
Dok. Pribadi

Relawan Indonesia Bersatu Bagikan Bansos ke Warga Kepulauan Seribu

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:14 WIB
Meringankan beban ekonomi warga akibat dampak Covid 19, lanjut Sandiaga, merupakan tanggung jawab moral yang harus...
Antara/Galih Pradipta

Rumah OTG yang Isolasi Mandiri akan Ditempeli Stiker

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:26 WIB
Tujuan diberikannya penanda itu agar masyarakat dan petugas kesehatan dapat segera mengetahui apabila di dalam rumah tersebut ada warga...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya