Selasa 01 September 2020, 12:15 WIB

Guna Sterilisasi, Satu Bangsal di RSUP Persahabatan Ditutup

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Guna Sterilisasi, Satu Bangsal di RSUP Persahabatan Ditutup

ANTARA/Hafidz Mubarak A
Petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta.

 

PELAKSANA Tugas Direktur Utama RSUP Persahabatan Mursyid Bustami membenarkan ada satu ruang perawatan covid-19 yang ditutup yakni Ruang Melati. Namun, ruangan itu ditutup bukan karena tenaga medis yang memberikan perawatan di ruangan itu kelelahan, melainkan dimanfaatkan untuk pemeliharaan dan pembersihan ruangan.

"Benar itu ditutup. Tapi bukan karena tenaga medis lelah dan sebagainya. Itu untuk kegiatan pembersihan dari kontaminasi covid-19," kata Mursyid dalam konferensi pers virtual pada Selasa (1/9).

Baca juga: Pasien RS Persahabatan Meninggal Hari Ini Negatif Korona

Mursyid mengatakan penutupan ruangan perawatan ini nantinya akan dilakukan bergilir dan bukan hanya pada ruang Melati. Menurutnya, dekontaminasi itu juga kegiatan penting agar mencegah paparan covid-19 pada tenaga medis maupun pegawai lainnya.

Sementara itu, selama masa pembersihan, tenaga medis seperti perawat yang biasanya bertugas memberikan perawatan di Ruang Melati akan ditugaskan sementara di ruang rawat lain. "Kita 'rolling' para perawatanya ke ruangan lain," tegasnya.

Menurutnya, penutupan Ruang Melati tidak mengganggu pelayanan pasien covid-19. Keterisian kapasitas tempat tidur di RSUP Persahabatan khusus bagi pasien covid-19 adalah 76%. Masih ada sisa kapasitas sebesar 24% yang bisa dimanfaatkan.

"Tapi memang bukan berarti itu rata ya untuk semua pasien karena kan dalam perawatan juga harus dipisahkan antara laki-laki dan perempuan, anak-anak dan dewasa, antara yang punya penyakit penyerta dan yang hanya tinggal menunggu hasil swab," ujarnya. (Put/A-1)

Baca Juga

Antara/Nova Wahyudi

DPRD DKI Nilai Mini Lockdown Memudahkan Pengawasan

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 30 September 2020, 13:25 WIB
Sebenarnya, konsep yang diusulkan Presiden Joko Widodo pernah diterapkan di wilayah DKI Jakarta. Beberapa waktu lalu, terdapat...
AFP/BAY ISMOYO

Wagub DKI Klaim Tingkat Kesembuhan Covid-19 Membaik karena PSBB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 30 September 2020, 13:06 WIB
"Angka kesembuhannya sudah luar biasa, sudah 80%. Angka kematian menurun 2,3%. Jadi sembuh naik, kematian...
ANTARA/Hafidz Mubarak A

25 Ribu Orang Ditindak karena tidak Pakai Masker Selama PSBB

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Rabu 30 September 2020, 12:46 WIB
Dari jumlah itu, sebanyak 1.696 orang dikenakan denda administratif. Lalu ada 23.458 orang yang dikenakan sanksi kerja...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya