Selasa 01 September 2020, 20:36 WIB

Sensasi Melihat Pameran Foto Lubang Jarum Secara Virtual

Siswantini Suryandari | Hiburan
Sensasi Melihat Pameran Foto Lubang Jarum Secara Virtual

Istimewa
Pameran foto dari lubang jarum secara virtual

 

DI tengah pandemi covid-19, masyarakat masih bisa menikmati pameran secara virtual. Masih dalam peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia, indonesianpinhole.id menggelar pameran foto virtual bertajuk Indonesian Pinhole Day 2020. Pameran ini sekaligus hadiah ulang tahun untuk Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) ke-18 yang bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan RI.

Pameran foto virtual ini bisa dinikmati melalui website https://indonesianpinhole.id/ipd-2020/. Pengunjung bisa merasakan sensasi layaknya mendatangi ruangan pameran foto pada umumnya. Setelah melalui proses kurasi oleh kurator Ray Bachtiar Dradjat, pameran foto ini diikuti oleh 58 peserta yang tersebar di 29 kota dan 12 propinsi. Lokasi pemotretannya pun kurang lebih ada 80 tempat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua.

Ifan F Harijanto dari indonesianpinhole.id selaku ketua pelaksana Indonesian Pinhole Day 2020menjelaskan indonesianpinhole.id ini nantinya akan diaplikasikan sebagai rumah digital bagi para pegiat fotografi lubang jarum di Indonesia. Baik yang berkarya secara individu maupun komunitas. 

Di website ini nantinya akan berisi database serta karya–karya terbaik fotografi lubang jarum," jelasnya, Selasa (1/9).

baca juga: Sukses Satukan Generasi Muda dalam Semangat Hari Kemerdekaan

Irman Ariadi, selaku Penata Website & Display Gallery Indonesian Pinhole Day  2020 menambahkan pihaknya berupaya menampilkan website pameran virtual dengan konsep yang unik untuk para pengunjung yang ingin melihat hasil foto dari kamera lubang jarum Sudut ruang pameran virtual Indonesian pinhole day 2020.

:Konsep pameran foto virtual ini bisa dibilang cukup berbeda dari pameran foto pada umumnya ya. Karena ini kita desain dengan galeri 3D. Jadi kalau dilihat dari website, ada beberapa foto yang dipajang dengan ketinggian yang berbeda. Di samping itu pula pengunjung bisa bebas melihat dari sudut pandang mana pun sesuai selera mereka," tuturnya.

Ray Bachtiar Dradjat, Founder Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) berharap bahwa keberadaan Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI) ini mampu mempertajam kreatifitas seni proses akan dunia fotografi.

Beberapa foto yang ditampilkan seperti karya foto menggunakan 32 lubang jarum. Ada juga foto menggunakan kertas negatif film. Program pameran foto dari indonesianpinhole.id di tahun ini merupakan titik awal dari sosialisasi program berikutnya yaitu Jambore Lubang Jarum yang akan diselenggarakan di Bali pada 2021.Pameran ini akan berlangsung sampai 16 September. (OL-3)

Baca Juga

Instagram @lilycollins

Lily Collins Umumkan Pertunangan di Instagram

👤Indrastuti 🕔Senin 28 September 2020, 12:35 WIB
Aktris Lily Collins mengumumkan pertunangannya dengan sutradara sekaligus penulis Charlie...
Instagram @namjoohyuk

Belajar Coding, Persiapan Nam Joo Hyuk untuk Main di Start Up

👤Indrastuti 🕔Senin 28 September 2020, 12:10 WIB
Nam Joo Hyuk akan berperan sebagai Nam Do San, pendiri Samsan Tech, sebuah perusahaan...
AFP/PAUL R. GIUNTA

Samuel L Jackson: Miliki Serial Sendiri sebagai Nick Fury

👤Media Indonesia 🕔Minggu 27 September 2020, 03:30 WIB
TUA-TUA keladi, makin tua makin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya