Selasa 01 September 2020, 16:28 WIB

Mau Gelar KBM Tatap Muka, Sekolah harus Bentuk Gugus Tugas

Lilik Darmawan | Nusantara
Mau Gelar KBM Tatap Muka, Sekolah harus Bentuk Gugus Tugas

ANTARA
Ilustrasi sekolah tatap muka

 

PEMERINTAH Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) mewajibkan sekolah untuk membentuk gugus tugas sebelum menerapkan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Gugus tugas yang dibentuk diminta melakukan pemantauan dan memastikan dilaksanakan penyemprotan disinfektan di lingkungan sekolah dan memastikan penerapan protokol kesehatan oleh seluruh siswa serta guru.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas Irawati mengatakan bahwa Bupati Banyumas Achmad Husein telah mempersilakan sekolah untuk mengajukan izin pembelajaran tatap muka. :Yang perlu disiapkan sekolah selain tempat cuci tangan, sekolah juga harus menyediakan hand sanitizer serta penyemprotan disinfektan. Para siswa dan guru harus mengenakan masker. Setiap sekolah harus memiliki dan membentuk Gugus Tugas," kata Irawati, Selasa (1/9).

Menurutnya, pembentukan tim Gugus Tugas tidaklah sulit. Tugas tim adalah memantau dan memastikan protokol kesehatan ditaati secara disiplin. "Misalnya, memastikan penyemprotan disinfektan di ruangan yang akan dipakai. Penyediakan disinfektan penting, karena itu  sekolah harus cermat juga. Sebab, tidak semua sekolah mampu menyediakan disinfektan dalam jumlah besar," ujarnya.

Irawati menambahkan untuk dapat membuka proses pembelajaran tatap muka, sekolah harus mengajukan izin. Setelah izin diajukan, Dinas Pendidikan akan turun ke sekolah untuk meninjau terlebih dahulu. "Jadi, memang harus ada evaluasi terhadap kesiapan sekolah, sebelum nantinya sekolah membuka pembelajaran tatap muka," katanya.

Lebih jauh, Irawati mengatakan jika ada orang tua murid yang masih belum mengizinkan anaknya untuk ikut pembelajaran tatap muka, hal itu harus tetap diakomodasi. Sekolah harus memfasilitasi melalui sistem  daring. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Haryanto

Jawa Tengah Menuju Sekolah Luar Jaringan

👤HT/AD/LD/N-2 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 04:00 WIB
Dengan evaluasi yang menunjukkan hasil baik itu, dia memutuskan akan kembali melanjutkan simulasi tatap...
Antara/Basri Marzuki

Surabaya Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Habitat Dunia 2020

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 00:18 WIB
Kesepakatan tersebut diwakili oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Eksekutif...
Dok. KAMI

Mahasiswa DIY Minta Elemen Bangsa Bersatu Hadapi Pandemi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 00:16 WIB
"Di tengah bencana pandemi covid-19. Kita sangat berharap semua stekholder Bangsa bahu-membahu dalam mendukung pemerintah sebagai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya