Selasa 01 September 2020, 15:41 WIB

202 Daerah belum Selesaikan Laporan terkait Protokol Covid-19

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
202 Daerah belum Selesaikan Laporan terkait Protokol Covid-19

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra W
Petugas Satpol PP Kota Denpasar menegur pedagang agar menggunakan masker dalam sosialisasi protokol kesehatan COVID-19 di Pasar Kreneng,

 

KEMENTERIAN Dalam Negeri (Kemendagri) mencatat ada 202 daerah yang belum menyusun perkembangan peraturan kepala daerah (Perkada) terkait penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar mengatakan penyusunan perkada merupakan tindak lanjut dari Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 440.05-2770 Tahun 2020 Tentang Tim Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 di Daerah.

"Ada 26 provinsi yang telah menyelesaikan Perkadanya dan 8 provinsi sedang dalam proses penyelesaian," ujar Bahtiar di Jakarta, Selasa (1/9).

Baca juga: Pemkab Cirebon Mulai Sanksi Warga tak Bermasker

Sedangkan, untuk kabupaten/kota, imbuhnya, tercatat 195 daerah yang telah menyelesaikan perkada. Sedangkan 117 daerah diantaranya dalam tahap proses penyelesaian.

“Ini dibutuhkan sebagai langkah cepat dalam menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian covid-19 di seluruh daerah provinsi serta kabupaten/kota di Indonesia," ungkap Bahtiar.

Selain itu, Perkada dibutuhkan menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2020 dalam penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang ditujukan kepada perorangan dan pelaku usaha, pengelola, penyelenggara, atau penanggung jawab tempat dan fasilitas umum.(OL-5)

Baca Juga

@PUANMAHARANIRI

Ketua DPR: Jangan Ada Pihak Dirugikan Akibat RUU Ciptaker

👤Sri Utami 🕔Rabu 30 September 2020, 13:53 WIB
Badan Legislasi DPR akan memberikan ruang dalam mengatasi masalah lapangan kerja. Jangan ada satu pihak dirugikan, sementara ada pihak yang...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Pinangki Tulis Surat Minta Maaf ke Hatta Ali dan Burhanuddin

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 30 September 2020, 13:24 WIB
Permohonan maaf Pinangki disampaikan melalui surat yang diberikannya secara langsung kepada wartawan usai menjalani sidang pembacaan...
ANTARA/Muhammad Adimaja

Lewat Surat, Pinangki Minta Maaf ke Hatta Ali dan Burhanuddin

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 30 September 2020, 13:17 WIB
Pinangki mengaku tidak pernah menyebut nama Mantan Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali dan Jaksa Agung ST Burhanudin seperti yang didakwakan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya