Selasa 01 September 2020, 13:05 WIB

BNPB Ingatkan Potensi Kekeringan Meterologis Dasarian III Agustus

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
BNPB Ingatkan Potensi Kekeringan Meterologis Dasarian III Agustus

Antara/Yulius Satria Wijaya
Warga mengambil air dari dasar Sungai Cipamingkis yang mengering di Jonggol, Kabupaten Bogor (30/8/2020)

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mewaspadai potensi kekeringan meteorologis Dasarian III Agustus mendatang yang akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia.

"Berdasarkan peringatan dini kekeringan meteorologis Dasarian III Agustus. Ada wilayah yang perlu mewaspadai kekeringan, yakni Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati, Selasa (1/9).

Mengacu pada data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), ia pun menjelaskan terdapat 3 status dalam bahaya kekeringan. Ada status waspada, yang melanda Kabupaten Wonogiri, Pacitan, dan Tuban di Jawa Timur.

Ada status siaga yang melanda Provinsi Bali, yakni kabupaten Badung, Denpasar Bali, sedangkan kabupaten Buleleng berstatus awas.

Baca juga: Sepanjang 2020, Indonesia Dilanda 1.927 Bencana Alam

Di Jawa Timur, beberapa kabupaten yang berstatus siaga kekeringan ialah Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, Gresik, Lamongan, Situbondo, Sumenep, dan Kota Surabaya. Lalu yang berstatus awas adalah Kabupaten Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang.

Potesi Siaga juga melanda Kabupaten Maluku Barat Daya dan Tanibar di Maluku, Lombok Barat dan Lombok Tengah Provinsi NTB. Selain itu, Kabupaten Ende, Manggarai, dan Manggarai Timur di NTT, Kabupaten Selayar Provinsi Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Marauke Provinsi Papua.

Pada status waspada lainnya terdapat di Kabupaten Bima, Dompu, Lombok Timur, dan Sumbawa di NTB. Lalu, sebagian NTT juga mengalami status awas, yaitu Kabupaten Alor, Belu, Flores Timur, Kupang, Manggarai Barat, Nagekeo, Ngada, Sikka, Sumba Barat, Sumba Timur, Timortengah Selatan, Timortengah Timur, dan Kota Kupang.

Kemarau yang sudah masuk sejak bulan April lalu di beberapa wilayah juga telah mengakibatkan beberapa wilayah mengalami kekeringan.

"Untuk wilayah yang sudah mengalami kekeringan adalah Aceh Jaya, Bima, Blora, Bogor, Boyolali, Dompu, Kota Bima, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Lombok Utara, Ponorogo, Sumbawa, dan Sumbawa Barat," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/HO-KLHK

Kelahiran Dua Individu Badak Jawa di TNUK

👤(Ant/H-1) 🕔Senin 21 September 2020, 06:10 WIB
KEMENTERIAN Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasio-nal 2020, mengumumkan kelahiran sepasang...
ANTARA

Ria Miranda Rilis Koleksi Baru Elea Bertema Bunga Setaman

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 03:45 WIB
DESAINER muslim berdarah Minang, Ria Miranda, 35, merilis koleksi barunya Fall 2020 bernama Elea yang terinspirasi dari berbagai...
Dok. Istagram@SEOYEJI

Seo Ye-Ji Sembuh dari Trauma karena Peran Moon Young

👤MI 🕔Senin 21 September 2020, 03:15 WIB
AKTRIS Korea Selatan, Seo Ye-ji, 30, mengaku sembuh dari trauma karena...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya