Selasa 01 September 2020, 12:56 WIB

ESDM: SPBKLU Dibuat untuk Penukaran Baterai Bermotor Listrik

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
ESDM: SPBKLU Dibuat untuk Penukaran Baterai Bermotor Listrik

ANTARA
Petugas melakukan uji coba penggantian baterai sepeda motor listrik saat melakukan uji coba Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum

 

KEMENTERIAN Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengenalkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU). Penukaran baterai tersebut untuk kendaraan berbasis listrik.

"Sebagai tahap awal, SPBKLU ini hanya digunakan untuk kendaraan bermotor listrik roda dua," kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam keterangannya, Jakarta, Senin (1/9).

Baca juga: Kementan Kawal Kabupaten Kuningan Kembangkan Tanaman Porang

SPBKLU, terang Rida, sesuai Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Dari perpres itu diturunkan ke Peraturan Menteri ESDM Nomor 13 Tahun 2020 tentang Penyediaan Infrastruktur Pengisian Listrik untuk Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai.

PT PLN (Persero), lanjut Rida, dapat bekerja sama dengan badan usaha lainnya untuk membangun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

"PLN selaku operator penyedia listrik, pihak yang membutuhkannya seperti Grab, serta pihak yang bergerak di bidang penyewaan baterainya," tutur Rida.

Proses penukaran baterai, sebutnya, memakan waktu hingga lima menit. Kecepatan penukaran baterai itu dianggap jadi terobosan yang penting dalam pengembangan kendaraan bermotor listrik.

Baca juga: Jouska Bantah Transaksikan Saham Kliennya

Sementara itu, Direktur Mega Project PT PLN (Persero) M. Ikhsan Asaad menyebut dengan adanya SPBKLU bisa meringankan warga untuk mengisi baterai kendaraanya.

"Salah satu kendala motor listrik adalah charging-nya. Bagaimana kalau listriknya habis? Alhamdulillah dengan adanya SPBKLU ini jadi memudahkan orang untuk beralih ke kendaraan listrik, sehingga udara Jakarta lebih bersih. Ini juga memudahkan tujuan Pemerintah mengurangi emisi dan mempercepat peningkatan kendaraan listrik," pungkas Ikhsan. (OL-6)
 

Baca Juga

Antara/Aris Munandar

Program Inti Plasma Bikin Sawit RI No 1

👤Iam/X-10 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 04:22 WIB
Sejarah perkebunan sawit Indonesia memang tidak bisa terlepaskan dengan kemitraan inti plasma yang dibangun sejak...
Dok. Pribadi

Pengusaha Kena Pajak Diimbau Gunakan E-Faktur 3.0

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 01:18 WIB
Mulai Oktober 2020 pelaporan SPT masa PPN dengan skema comma separated value (CSV) melalui DJP online tidak dapat dilakukan lagi oleh PKP...
Ilustrasi

OJK : Fintech Lending Bisa Dilibatkan Salurkan PEN

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 01:15 WIB
Meskipun sudah mendapatkan rekomendasi dari OJK, Tris menegaskan pihaknya juga selektif dalam pemilihan fintech...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya