Selasa 01 September 2020, 12:18 WIB

Pasien Covid-19 di RSUP Persahabatan Terus Meningkat

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Pasien Covid-19 di RSUP Persahabatan Terus Meningkat

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD) di dalam Gedung Pinere, RSUP Persahabatan, Jakarta

 

JUMLAH pasien covid-19 di RSUP Persahabatan terus meningkat. Direktur Perencanaan Umum RSUP Persahabatan Yudhaputra Tristanto mengatakan peningkatan pasien terjadi signifikan pada Juli dan Agustus.

Pada Juni, jumlah pasien positif covid-19 sebanyak 30 orang dan pasien PDP/Suspek 65 orang. Namun, pada Juli jumlah pasien covid-19 meningkat mencapai 55 orang dan pasien PDP/suspek mencapai 58 orang. 

"Per hari ini jumlah pasien covid-19 naik lagi menjadi 72 orang, PDP/Suspek sebanyak 51 orang, dan ada pasien probable sebanyak 9 orang," kata Yudha dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (1/9).

Sementara itu, keterisian tempat tidur covid-19 di RSUP Persahabatan saat ini mencapai 76% yakni 144 tempat tidur terisi dari total 189 kapasitas tempat tidur pasien covid-19 yang disediakan.

Baca juga: Kapasitas Tempat Tidur Covid-19 di RSUP Persahabatan Tersisa 24%

Dari komposisi persentase pasien yang dirawat sebagian besar adalah pasien dengan kondisi kritis yakni 28,7%, pasien dengan kondisi berat 21,7%, pasien dengan kondisi sedang sebanyak 25,8% dan pasien kondisi ringan sebesar 23,8%.

Di sisi lain, tingkat kematian pada pasien-pasien yang dirujuk dan dirawat di RSUP Persahabatan mencapai 22,3%. Tercatat sejak Maret hingga 31 Agustus sudah ada 851 pasien covid-19 yang dirawat di RSUP Persahabatan dengan sebanyak 190 kematian. Kematian terjadi mayoritas pada pasien dengan tahap kritis saat dirujuk sebesar 177 orang atau 71,1%.

Yudha pun berharap pemaparan jumlah pasien ini bisa dilihat secara garis besar oleh masyarakat bahwa saat ini kondisi peningkatan jumlah kasus baru covid-19 masih terjadi dan masih harus terus diwaspadai.

"Saya berharap masyarakat tetap lakukan adaptasi kebiasaan baru, di kantor di komunitas. Semoga ada perbaikan kebiasaan adaptasi di masa kebiasaan baru ini," tegasnya.(OL-5)

Baca Juga

MI/Andri Widiyanto

Mal kian Terpuruk PSBB Anies Digugat

👤Ins/Pra/X-6 🕔Selasa 29 September 2020, 04:54 WIB
Sektor ritel dan tenant enam bulan ini dalam tekanan sangat berat. Lalu, kami menghadapi adanya PSBB jilid II dan restoran tidak bisa dine...
MI/IMMANUEL ANTONIUS

Bea Cukai Pastikan Minol Oplosan Daring Ilegal

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 29 September 2020, 03:30 WIB
Saat ini, lanjutnya, pihak Intelijen dan Penindakan Bea dan Cukai tengah menelusuri adanya minol oplosan yang dijual secara daring...
MI/Usman Kansong

Sekda Depok Instruksikan Pembongkaran Bangunan Liar di Sungai

👤Kisar Rajaguguk 🕔Selasa 29 September 2020, 03:25 WIB
Hardiono menegaskan bangunan liar di RT OO5 RW O5 Kelurahan Tirtajaya, Sukmajaya, Kota Depok mengganggu aliran sungai sehingga perlu...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya