Selasa 01 September 2020, 11:27 WIB

Jokowi Wanti-Wanti Ledakan Kasus Covid-19 di Tiap Provinsi

Nur Azizah | Humaniora
Jokowi Wanti-Wanti Ledakan Kasus Covid-19 di Tiap Provinsi

MI/ANDRI WIDIYANTO
Petugas gabungan dari Kecamatan Cilandak dan Polsek Cilandak melakukan aksi sosialisasi bahaya covid-19 dengan mengarak instalasi peti mati.

 

PRESIDEN Joko Widodo mewanti-wanti kepala daerah soal lonjakan kasus covid-19 di daerah masing-masing. Ia tidak ingin Indonesia mengalami gelombang kedua seperti negara Eropa dan Asia lainnya.

"Para gubernur harus hati-hati dalam melihat data dan angka-angka pergerakan kasus covid-19 di wilayah masing-masing. Hati-hati, saat ini, berbagai negara kembali terjadi tren peningkatan kasus positif baik di Eropa dan juga Asia," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Pusat, Selasa (1/9).

Jokowi juga mengingatkan sejumlah provinsi yang mengalami kenaikan kasus. Seperti DKI Jakarta yang dalam dua hari terakhir mengalami penambahan kasus hingga melebihi 1.000 kasus per hari.

Baca juga: BPOM Kawal 31 Kandidat Vaksin Covid-19

"Oleh sebab itu kita harus hati-hati. Tapi walaupun ada beberapa peningkatan kasus positif di beberapa daerah tapi Indonesia masih terkendali dan ini yang harus kita jaga bahwa pengendalian manajemen covid-19 ini betul-betul masih dalam posisi terkendali," tuturnya.

Hingga kemarin, DKI Jakarta masih menjadi provinsi dengan kasus terbanyak, yakni 39.037 kasus. DKI juga memiliki kasus aktif paling tinggi dengan jumlah 7.720 orang.

Kasus aktif ialah pasien covid-19 yang masih menjalani perawatan atau isolasi mandiri. Provinsi yang memiliki kasus aktif terbanyak kedua ialah Jawa Timur dengan 5.115 kasus.

Kemudian, Jawa Barat 4.580 kasus, Jawa Tengah 3.922 kasus, dan Sumatra Utara 2.552 kasus. (OL-1)

Baca Juga

Ist

JK Pindahkan Sel Punca Cucunya ke Lab Riset di Indonesia

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 23 September 2020, 13:49 WIB
Jusuf Kalla beralasan bahwa kualitas yang dimiliki Celltech Stem Cell Laboratory (CSC) yang berada di Jakarta sangat...
ANTARA

Ini Tantangan Penambahan Pembangkit Energi Baru Terbarukan

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 23 September 2020, 13:48 WIB
Seperti terdapat dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero), rencana tambahan EBT tahun 2019-2028 sebesar 16,7...
ANTARA/Puspa Perwitasari

Kondisi Stabil, Menag Akan Jalani Swab Lanjutan Jumat

👤Siswantini Suryandari 🕔Rabu 23 September 2020, 13:37 WIB
Saturasi oksigen Menteri Agama Fachrul Razi bagus dan kondisi terus membaik. Menag dijadwalkan menjalani swab test covid-19 lanjutan Jumat...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya