Selasa 01 September 2020, 10:35 WIB

Kapasitas Tempat Tidur Covid-19 di RSUP Persahabatan Tersisa 24%

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
Kapasitas Tempat Tidur Covid-19 di RSUP Persahabatan Tersisa 24%

Antara/Heru Sri Kumoro
Petugas medis memeriksa kesiapan alat di ruang ICU Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran

 

Kapasitas tempat tidur perawatan covid-19 baik untuk ICU maupun untuk perawatan di luar ICU di RSUP Persahabatan hanya tinggal 24%. Dari total 189 tempat tidur perawatan pasien covid-19, sudah terisi sebanyak 144 pasien.

Jumlah itu termasuk 15 kapasitas tempat tidur ICU yang sudah terisi dari total 17 tempat tidur ICU dewasa. Sementara untuk ICU bayi masih ada lima tempat tidur yang tidak terisi.

Menurut Pelaksana Tugas Direktur RSUP Persahabatan Mursyid Bustami, hal ini terjadi karena adanya peningkatan jumlah kasus covid-19 yang cukup signifikan di akhir Juli hingga Agustus.

"Ya memang ada peningkatan jumlah pasien selama kurun waktu tersebut," kata Mursyid dalam konferensi pers virtual, Selasa (1/9).

Direktur Pelayanan Medik dan Keperawatan H.M. Alsen Arlan menyebut total jumlah kapasitas tempat tidur RSUP Persahabatan saat ini dikurangi dari 595 tempat tidur perawatan menjadi hanya 250 tempat tidur perawatan agar maksimal dalam menangani pasien covid-19.

Baca juga: Muncul Klaster Libur Panjang, DPRD Sebut tak Perlu ada SIKM

"Dari jumlah 250 tempat tidur itu sebanyak 189 tempat tidur untuk pasien covid-19 dan sisanya 61 tempat tidur untuk noncovid-19," kata Alsen.

Alsen menjelaskan pengurangan jumlah tempat tidur itu juga dilakukan karena ia harus menjaga agar tenaga medis tidak kelelahan dalam merawat pasien-pasien covid-19.

"Jadi, kami berstrategi dalam satu sif itu ada dua sampai tiga kali pertukaran perawat, sehingga dalam 1 sif, jumlah perawat yang dibutuhkan ada sebanyak dua sampai tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan jumlah perawat dalam merawat pasien biasa non covid. Sebabnya, tenaga medis termasuk perawat itu mendapat beban kerja lebih saat memakai baju hazmat lapis tiga. Ada pesan dari Pak Kepala BNPB bahwa tenaga medis ini jangan sampai kelelahan," terangnya.

Di sisi lain, sejauh ini RSUP Persahabatan masih bisa menangani pasien-pasien covid-19 yang terus dirujuk ke RS tersebut. Alsen menegaskan meski telah melebihi ambang batas aman WHO terkait persentase keterisian tempat tidur perawatan sebesar 50%, pihaknya masih mampu menjaga mutu layanan dan melayani para pasien.

"Sejauh ini kami masih mampu untuk melayani pasien karena yang kami tangani hanya pasien dengan kondisi sedang, berat, dan kritis. Untuk pasien dengan gejala ringan atau membutuhkan isolasi didistribusikan ke Wisma Atlet. Jika memang nantinya dibutuhkan tambahan, kami akan berkoordinasi dengan para atasan bagaimana baiknya," ujarnya. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA

Dinas Lingkungan Hidup DKI Gelar Uji Emisi Gratis

👤MI 🕔Senin 26 Oktober 2020, 00:50 WIB
DINAS Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta menggelar uji emisi  gratis untuk kendaraan pribadi mulai Selasa...
ANTARA

80% Pecatan Polisi Terkait Narkoba

👤MI 🕔Senin 26 Oktober 2020, 00:30 WIB
SEPANJANG Januari hingga Oktober 2020 Polri memecat 113 anggotanya karena melakukan pelbagai pelanggaran...
ANTARA

Waspadai Banjir Kembali 1-2 Hari Ini

👤MI 🕔Senin 26 Oktober 2020, 00:10 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, kemarin dini hari, sibuk mengevakuasi warga yang menjadi korban...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya