Selasa 01 September 2020, 06:25 WIB

Imunisasi Anak Tetap Penting di Tengah Pandemi

Candra Yuri Nuralam | Humaniora
Imunisasi Anak Tetap Penting di Tengah Pandemi

ANTARA/Aprillio Akbar
okter dari Puskesmas Kecamatan Tebet (kanan) menyuntikan vaksin Measles Rubella (MR) kepada pelajar SDN Tebet Timur 15 Pagi (tengah).

 

MASYARAKAT diminta untuk mengimunisasi anak mereka meski wabah covid-19 masih mengganas di Indonesia. Imunisasi penting dilakukan untuk masa depan anak.

"Kita menginginkan mereka menjadi generasi yang sehat dan sumber daya yang unggul, oleh karena itu kita harus sepakat bahwa ini adalah aset yang harus kita jaga dan merupakan hak semua anak untuk sehat. Salah satu upaya kita yaitu upaya prevention adalah imunisasi," kata Direktur Jenderal P2P Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (31/8).

Pemerintah mengusahakan pemberian fasilitas dan protokol kesehatan untuk imunisasi anak di tengah pandemi. Distribusi vaksin imunisasi ke daerah pun tidak berjendela. Imunisasi anak diminta tidak ditunda meski pandemi.

Baca juga: Awal Tahun Depan Vaksinasi Dimulai

Ketua Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Hartono Gunadi memastikan seluruh dokter anak siap melakukan imunisasi di tengah pandemi. Fasilitas imunisasi di tengah pandemi pun sudah memadai.

"Bila ada kekurangan, tentu anggota IDAI yang berpraktik di fasilitas kesehatan tersebut dapat mengomunikasikannya kepada komite medik," ujar Hartono.

Dokter anak diminta segera lapor jika kekurangan alat perlindungan diri. IDAI akan segera mengusahakan pengiriman alat perlindungan diri ke lokasi yang kekurangan.

"Misalnya hanya disediakan masker bedah, padahal menurut kajian IDAI itu tidak cukup, jadi kami menyediakan APD level 2, termasuk hal lainnya seperti face shield," tegas Hartono. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Rodger Bosch

Ilmuwan Waspadai Bahaya Kondisi Laut yang Stabil

👤Wisnu AS 🕔Selasa 29 September 2020, 08:36 WIB
Stratifikasi lautan itu berarti semakin sedikit air dalam yang naik ke permukaan yang membawa oksigen dan...
Ist

BNN Gandeng Maskapai Tingkatkan Kerja Sama Kampanye Antinarkoba

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 29 September 2020, 08:32 WIB
Kepala BNN, Heru Winarko, menyatakan sangat mengapresiasi Citilink selama ini dalam mendukung upaya pencegahan dan pemberantasan...
ANTARA/Dhemas Reviyanto

Kemenhub Tegaskan Aturan Pesepeda bukan Aturan Asal-Asalan

👤Selamat Saragih 🕔Selasa 29 September 2020, 07:49 WIB
Permen yang ditandatangani Menteri Perhububungan Budi Karya Sumadi itu dimaksudkan sebagai pelindung, tidak hanya bagi pengguna sepeda,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya