Senin 31 Agustus 2020, 22:30 WIB

AIPI Setuju Visi-Misi Calon Kepala Daerah Bernuansakan NKRI

Wisnu AS | Politik dan Hukum
AIPI Setuju Visi-Misi Calon Kepala Daerah Bernuansakan NKRI

MI/Fransisco Carolio
Ilustrasi

 

REKOMENDASI MPR agar visi dan misi calon kepala daerah terintegrasi dengan Visi NKRI perlu diimplementasikan secara substansi dan teknis oleh penyelenggara pemilu dan stakeholder terkait. Demikian disampaikan Sekjen Asosiasi Ilmu Politik Indonesia (AIPI) Bernad Dermawan Sutrisno dalam acara webinar Senin (31/8/2020).

"Rekomendasi MPR terkait integrasi visi dan misi calon kepala daerah dengan Visi NKRI harus dimplemetasikan ke tataran teknis setelah mendapat penguatan atau masukan dari publik dan berdasarkan kajian akademis," tegas Bernad. 

Sebelumnya, visi dan misi calon kepala daerah (cakada) bagian tidak terpisahkan dari Visi Misi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dicetuskan oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo bertepatan dengan HUT ke-75 MPR RI di Gedung Nusantara IV, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 29 Agustus 2020.

Menurut Bambang, visi-misi NKRI yang berpedoman pada nilai-nilai Pancasila, sebagai arah bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) yang merupakan satu kesatuan dengan Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). "Serta rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) di segala bidang kehidupan yang berlandaskan pada riset dan inovasi nasional," tukasnya. 

Webinar dengan tema *Visi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Melalui Pemilu dan Pilkada menghadirkan narasumber: Ahmad Basarah (Wakil Ketua MPR), Tito Karnavian (Mendagri), Arif Budiman (Ketua KPU), Abhan (Ketua Bawaslu), Muhamad (Ketua DKPP). Pembahas dari penggiat Pemilu adalah Jerry Sumampow dan Khoirunnisa Nur. Pengantar diskusi oleh Alfitra Salamm (Ketua Umum AIPI) dan moderator diskusi Nur Hidayat Sardini (Ketua AIPI Semarang). 

"Melalui webinar ini diharapkan agar rekomendasi MPR tentang visi dan misi Calon Kepala Daerah terintegrasi dengan Visi NKRI dapat diimplementasikan secara substansi dan teknis oleh penyelenggara pemilu dan stakeholder terkait," tegas Sekjen AIPI Bernad. (RO/A-3) 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Pelaksanaan Pilkada Rusak Semangat Penanganan Covid-19

👤Andhika prasetyo 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 20:05 WIB
LIPI menilai penyelenggaraan pilkada sangat bertentangan dengan upaya mencegah penyebaran...
Ilustrasi

Ini Daftar Koruptor yang Dihadiahi Diskon Hukuman

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 19:15 WIB
Data yang dihimpun dari KPK dan MA, sedikitnya 23 nama mendapat potongan...
Dok. Sekretariat Wakil Presiden

Wapres Minta DPD Ikut Jaga Pilkada agar Sesuai Protokol Kesehatan

👤Indriyani Astuti 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 18:59 WIB
Karena itu penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 mutlak dilakukan dalam pelaksanaan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya