Senin 31 Agustus 2020, 21:42 WIB

Lemkapi Beri Penghargaan 3 Perwira Polres Tulungagung Berprestasi

RO/Micom | Nusantara
Lemkapi Beri Penghargaan 3 Perwira Polres Tulungagung Berprestasi

Dok polres tulungagung
Tiga perwira di Polres Tulungagung Terima penghargaan dari Lemkapi.

 

TIGA perwira di Polres Tulungagung menerima penghargaan dari Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) pada Senin (31/8).

Penghargaan tersebut diberikan atas dedikasi mereka dalam menciptakan dan  memelihara Kamtibmas selama masa pandemi covid-19.

Ketiga perwira tersebut adalah Kapolres Tulungagung AKB Eva Guna Pandia, Wakapolres Komisaris Yoghi Hadisetiawan, dan Kasat Lantas Ajun Komisaris Aristianto Budi Sutrisno.

Piagam penghargaan diserahkan oleh Direktur Eksekutif Lemkai Edi Hasibuan di ruang Problem Oriented Policing (POP) Polres Tulungagung.

Edi Hasibuan mengungkapkan, penghargaan diberikan setelah pihaknya melakukan kajian sekitar satu bulan.

Menurut dia, penanganan covid-19 di Tulungagung memiliki karakteristik yang berbeda. “Jadi, kami melihat penanganan covid-19 di Tulungagung ini cukup berhasil,” katanya.

Edi menjelaskan, beberapa indikatornya adalah tingkat kesembuhan pasien positif covid-19 cukup tinggi, yakni mencapai 90 persen lebih.

Selain itu, penanganan covid-19 tidak hanya dilakukan pemerintah, aparat penegak hukum, dan petugas medis, tetapi melibatkan seluruh elemen masyarakat yang diwujudkan dalam spot-spot yang berlabel tangguh seperti kampung tangguh, pasar tangguh, industri tangguh, kafe tangguh, dan lain sebagainya.

“Ini adalah hal yang luar biasa, kepedulian antar sesama sangat nampak,” katanya.

Edi mencontohkan Kampung Tangguh Desa Bolorejo Kecamatan Kauman.  Menurut dia, nuansa guyub rukun dan kegotong-royongan sangat terasa kental. Tidak hanya untuk penanganan covid-19, tetapi Kampung Tangguh sudah didesain untuk segala hal seperti pemberantasan narkoba, tanggap bencana, ketahanan pangan, Kamtibmas, ekonomi tangguh, dan pendidikan tangguh.

“Ada satu hal lagi yang patut dijadikan pilot project, yakni adanya Pos Digital Astuti yang memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat untuk berkomunikasi dengan polisi, dan segera memberikan problem solving dari setiap permasalahan yang ada,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, kata Edi, pihaknya juga menyarankan agar Polres Tulungagung terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan masyarakat.

Ke depan, Edi menyarankan Pos Digital Astuti juga ditempatkan di titik-titik yang menjadi atensi Kepolisian, seperti daerah yang  rawan kriminalitas, kecelakaan, atau bencana alam.

“Kami tahu untuk membangun itu tidak mudah dan tidak murah, tetapi kami yakin dengan dukungan banyak pihak akan mudah diwujudkan,” tukasnya.

Sementara Wakapolres Tulungagung Komisaris Yhogi Hadisetiawan mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Lemkapi. Namun, dia mengatakan keberhasilan penanganan covid-19 di Tulungagung bukan dilakukan oleh dirinya, Kapolres, maupun Kasatlantas, tetapi oleh seluruh anggota TNI/Polri, pemerintah, dan dukungan masyarakat.

“Bukan kami, tetapi orang yang hadir disini (Kapolsek, PJU) dan seluruh anggota TNI/Polri, pemerintah serta masyarakatlah yang bekerja keras mencegah penyebaran covid-19,” ucapnya.

Yhogi mengakui, grand design penanganan covid-19 di Tulungagung tidak terlepas dari arahan Kapolda Jatim Irjen M Fadil Imran.

Menurut dia, Kapolda Jatim  membawa konsep Problem Oriented Policing (POP) yang cepat dan tepat.

“Jadi, konsepnya kami (polisi) hanya sebagai pemicu atau detonatornya saja. Ketika diledakkan, maka seluruh elemen masyarakat yang sudah memiliki jiwa POP langsung bergerak,” jelasnya.

Yhogi menambahkan, meski saat ini tingkat kesembuhan sudah tinggi, tetapi pihaknya tetap ketat menerapkan protokol kesehatan kepada masyarakat.

Menurut dia, setiap hari anggota melakukan patroli gabungan untuk memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar selalu bermasker, menjaga jarak, dan menjaga pola hidup sehat. (J-1)

Baca Juga

Ilustrasi

Sejumlah Pegawai Bank di Sorong, Positif Covid-19

👤Martinus Solo 🕔Minggu 27 September 2020, 22:55 WIB
Sejumlah pegawai perbankan di Sorong positifCovid19 berdasarkan  hasil pemeriksaan laboratorium kesehatan dari...
Ilustrasi

Ini Enam Daerah di Sumut dengan Penyebaran Covid-19 Tinggi

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 27 September 2020, 22:49 WIB
Sebaran penularan tinggi virus covid-19 sudah menjangkau enam daerah di Sumatra Utara, meskipun pemerintah daerah sudah melakukan berbagai...
dok.mi

Ende Kembali menjadi Zona Hijau Covid-19

👤Palce Amalo 🕔Minggu 27 September 2020, 21:15 WIB
SEBANYAK 13 pasien korona (covid-19) yang menjalani perawatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) sembuh, Minggu (27/9), dengan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya