Senin 31 Agustus 2020, 20:40 WIB

Delapan Desa di Tulungagung Kesulitan Air Bersih

Antara | Nusantara
Delapan Desa di Tulungagung Kesulitan Air Bersih

MI/Akhmad Safuan
Ilustrasi

 

Sebanyak delapan desa yang tersebar di tiga kecamatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur mulai kesulitan air bersih, dampak kemarau yang terjadi selama tiga bulan terakhir.

Baca juga : https://mediaindonesia.com/read/detail/263383-air-bersih-untuk-bantuan-kemarau-menipis

Kepala Pelaksana BPBD Tulungagyung Suroto, Senin mengatakan  desa-desa yang terdampak kekeringan dan telah mengajukan permohonan bantuan air bersih tersebar di daerah pedalaman Kecamatan Tanggunggunung, Kalidawir dan Rejotangan. "Sampai hari ini yang sudah mengajukan permohonan bantuan (air bersih) ada delapan desa. Termasuk Desa Winong Kecamatan Kalidawir yang suratnya baru masuk," kata Suroto.

Tujuh desa lain yang mengalami krisis air bersih dan telah mendapat suplai dari BPBD Tulungagung adalah Desa Pakisrejo dan Tenggarejo (Kecamatan Tanggunung), Desa Rejosari, Kalibatur, Banyuurip dan Karangtalun (Kecamatan Kalidawir), serta Desa Rejotangan Kecamatan Rejotangan.

Truk-truk tangki milik BPBD Tulungagung yang telah diisi air dari PDAM setempat rutin mengirim suplai air ke desa-desa yang membutuhkan.

Dua dua truk tangki milik BPBD dengan kapasitas 5.000 liter yang terus dioperasionalkan memenuhi kebutuhan air bersih warga, ujarnya.

Namun karena keterbatasan armada, pengiriman air bersih harus digilir per desa per hari. "Tangki dengan volume 5.000 liter ini rata-rata cukup kebutuhan keluarga selama dua pekan, dengan lima orang anggota keluarga," katanya.

Di luar bantuan BPBD, warga biasanya harus membeli air bersih dengan harga Rp200 ribu per tangki.

Desa-desa yang terdampak kekeringan diperkirakan juga bakal terus bertambah/meluas.

Sebab jika mengacu data kekeringan dari tahun ke tahun, di wilayah Tulungagung sedikitnya ada enam kecamatan yang sejumlah desanya menjadi langganan kekeringan.

Daerah-daerah rawan kekeringan tersebut rata-rata berada di wilayah pedalaman dengan topografi daerah dataran tinggi yang kering, seperti di Kecamatan Tanggunggunung, Pucanglaban, Rejotangan, Kalidawir, Besuki, dan Pagerwojo. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Budi Candra S

600 Ton Kopi Banyuwangi Segera Dikirim ke Pasar Eropa

👤Usman Afandi 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:25 WIB
Manajer Kebun Malangsari PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XII Sanuri mengungkapkan pihaknya mendapat pesanan perdana kopi robusta dari negara...
dok pemprov jatim

Khofifah Kukuhkan 6 Pjs Bupati dan Wali Kota

👤RO/Micom 🕔Sabtu 26 September 2020, 09:10 WIB
Khofifah berpesan agar keenam Pjs ini agar konsolidasi demokrasi saat pilkada serentak selalu diseiringkan dengan upaya pengendalian...
MI/John Lewar

Jelang HUT, TNI Ajak Warga Bersihkan Sampah di Pulau Bajo

👤John Lewar 🕔Sabtu 26 September 2020, 07:10 WIB
Salah satu langkah kecil untuk menarik wisatawan dengan memerangi sampah agar lingkungan obyek wisata nyaman dikunjungi dan terbebas dari...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya