Senin 31 Agustus 2020, 20:13 WIB

Pelanggar Protokol Kesehatan Dihukum Bersihkan Makam

Heri Susetyo | Nusantara
Pelanggar Protokol Kesehatan Dihukum Bersihkan Makam

MI/Heri Susetyo
Para pelanggar protokol kesehatan yang dihukum membersihkan makan.

 

PULUHAN orang pelanggar protokol kesehatan dihukum membersihkan Makam Islam di Desa Waru Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, Senin (31/8).

Mereka yang dihukum ini sebelumnya terjaring razia masker yang dilakukan personel gabungan Polri, TNI dan Satpol PP di sekitar pintu masuk perumahan Delta Sari. Bukan hanya pengendara roda dua, sejumlah pengendara roda empat ternyata kedapatan tak memakai masker. 

"Hasilnya dari razia protokol kesehatan sore ini, kami dapati sebanyak 26 orang pelanggar yang tidak memakai masker," kata Wakasatlantas Polresta Sidoarjo AKP Toni Irawan.

Menurut Toni, razia masker ini dilakukan menindaklanjuti Inpres Nomor 6 tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin Serta Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19. Para pelanggar tersebut kemudian diminta mengenakan rompi yang sudah disiapkan bertuliskan pelanggar protokol kesehatan.

Mereka diminta menyanyikan lagu wajib nasional, dan permohonan maaf tidak mengulangi perbuatannya tersebut. Selanjutnya mereka disuruh menyapu atau membersihkan makam Islam di Desa Waru.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Sumardji mengaku prihatin dengan masih adanya masyarakat yang tidak memakai masker. Padahal memakai masker sebagai salah satu cara untuk mencegah penyebaran covid-19. Memakai masker tidak hanya bentuk kesabaran untuk kesehatan diri sendiri, melainkan juga kepedulian pada kesehatan orang lain. 

"Di mana-mana edukasi protokol kesehatan sudah disampaikan, berbagai imbauan bahkan hingga razia dan penindakannya sudah kami lakukan. Namun sayangnya masyarakat masih susah untuk sadar, guna bergerak bersama melawan covid-19," kata Sumardji. (J-1)

Baca Juga

Ilustrasi

SAR Asmat Evakuasi Kru KM Adi Utama ke Dermaga Agats

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 21 September 2020, 07:08 WIB
Kejadian kapal atau perahu bocor bahkan tenggelam acapkali terjadi di wilayah perairan Kabupaten Asmat yang masih di bawah wilayah kerja...
ANTARA FOTO/Rony Muharrman

Terus Mengawal Protokol Kesehatan

👤Heri Susetyo 🕔Senin 21 September 2020, 05:20 WIB
Denda dan sanksi sosial terbukti membuat warga lebih disiplin. Di Sidoarjo, jumlah pelanggar protokol kesehatan terus...
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Lebih Ketat setelah 3 Calon Terpapar

👤FL/CS/FR/N-3 🕔Senin 21 September 2020, 05:10 WIB
Gogot Cahyo Baskoro menyebut fenomena itu ialah bukti bahwa banyak peserta pilkada yang mengabaikan protokol kesehatan. “Akibatnya...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya