Senin 31 Agustus 2020, 20:03 WIB

Catat! Polda Metro Jamin Pengambilan Kendaraan Curanmor Gratis

Tri Subarkah | Megapolitan
Catat! Polda Metro Jamin Pengambilan Kendaraan Curanmor Gratis

MI/ Kisar Rajagukguk
Ilustrasi

 

POLDA Metro Jaya mengimbau masyarakat yang menjadi korban tindak kejahatan pencurian kendaraan bermotor untuk segera mengambil kendarannya di Polda maupun Polres setempat.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PMJ Kombes Yusri Yunus menjamin pengambilan tersebut gratis.

"Kami sudah sosialisasikan melalui media sosial juga untuk bisa diambil segera mungkin, datang ke Polda Metro Jaya atau polres-polres. Sudah diperintahkan Pak Kapolda silahkan ambil, dan tidak dipungut bayaran," terang Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (31/8).

Adapun syarat pengambilannya adalah dengan membawa surat-surat identitas kendaraan yang lengkap. Apabila masyarakat pernah melaporkan kejadian kehilangan kendaraan bermotor, Yusri juga meminta untuk membawa surat laporan polisinya.

"Cukup dengan membawa identitas lengkap kendaraan tersebut, baik BPKB maupun STNK. Kalau memang pernah dilaporkan, bawa LP-nya ke sana. Nanti kita akan berikan secara cuma-cuma," papar Yusri.

Selama pandemi covid-19, Yusri mengakui pihaknya maupun polres jajaran kerap melakukan pengungkapan kejahatan 3C, yakni curat (pencurian dengan pemberatan), curas (pencurian dengan kekerasan), maupun curanmor (pencurian kendaraan bermotor).

Untuk mengantisipasinya, ia mengatakan bahwa Polda Metro Jaya telah membentuk tim khusus untuk menghadapi ketiga jenis kejahatan tersebut.

Teranyar, tim berhasil menangkap dua orang pelaku curanmor yang sering beraksi di daerah Tangerang dan Tangerang Selatan. Keduanya adalah J, 20, dan M, 21. Yusri menjelaskan bahwa J berperan sebagai pemetik, sedangkan M adalah jokinya.

Penangkapan kedua tersangka dilakukan atas laporan kehilangan sepeda motor yang dibuat pegawai minimarket bernama Ahmad Rifai pada Sabtu (15/8) lalu.

"Kemudian tim bergerak, kemudian juga melakukan penyelidikan undercover, kita berhasil mengamankan dua tersangka tersebut," jelas Yusri.

Ia menjelaskan bahwa modus yang digunakan para pelaku adalah dengan mencari sepeda motor yang diparkir di halaman rumah, kos, maupun ruko yang sepi. Yusri menyebut mereka beraksi pada malam hari. Lebih lanjut, pelaku menggunakan kunci leter T untuk merusak kunci di stang sepeda motor.

Polisi menjerat kedua pelaku dengan Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana dengan ancaman hukuman pidana penjara selama tujuh tahun. (OL-8).

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Arif F

Hadi Pranoto Kembali Mengeluh Sakit Saat Diperiksa Polisi

👤Rahmatul Fajri 🕔Kamis 24 September 2020, 14:25 WIB
"Di tengah pemeriksaan, yang bersangkutan menyampaikan kurang sehat, kesehatannya menurun, gula darah tinggi. Itu penyampaian HP dan...
Antara/Aprillio Akbar

Kebakaran Landa Pasar Cempaka Putih, 807 Kios Hangus

👤 Putri Anisa Yuliani 🕔Kamis 24 September 2020, 14:06 WIB
Saat ini, petugas pemadam tengah melakukan pendinginan di lokasi kebakaran. Kerugian akibat kebakaran yang terjadi pada Kamis (24/9) pagi,...
MI/Pius Erlangga

Antisipasi Banjir, Pemprov DKI Perbaiki Pompa di 15 Underpass

👤Deden Muhamad Rojani 🕔Kamis 24 September 2020, 13:01 WIB
Ada 65 pompa yang tersebar di 15 underpass di wilayah Jakarta. Masing-masing underpass memiliki jumlah pompa berbeda, antara tiga sampai...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya