Senin 31 Agustus 2020, 19:10 WIB

Tingkat Keterisian RS Rujukan Covid-19 di DKI Naik Signifikan

Ferdian Ananda Majni | Megapolitan
Tingkat Keterisian RS Rujukan Covid-19 di DKI Naik Signifikan

Antara/Aditya Pradana
Petugas medis mengenakan APD lengkap di ruang perawatan pasien covid-19.

 

TINGKAT keterisian tempat tidur (Bed Occupancy Ratio/BOR) isolasi dari 67 rumah sakit rujukan di DKI Jakarta per 28 Agustus 2020 mencapai 69%. Adapun Unit Perawatan Intensif (ICU) seluruh rumah sakit rujukan dan non-rujukan covid-19 tembus 77%.

Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengatakan kenaikan tingkat keterisian RS di DKI Jakarta secara signifikan mulai terjadi dalam beberapa pekan terakhir.

Baca juga: Rumah Sakit Penuh, Pemerintah Diminta Maksimalkan Puskesmas

“Seperti kita ketahui, kasus di DKI meningkat cukup tajam selama beberapa waktu terakhir. Beberapa daerah di DKI selama empat minggu memiliki risiko yang tinggi," papar Wiku dalam keterangan virtual, Senin (31/8).

Menurutnya, tingkat kapasitas rumah sakit yang menampung pasien covid-19 di DKI sudah tidak ideal. Bahkan, berpotensi membebani tenaga kesehatan yang bertugas di lapangan.

"Kondisi ini memang tidak ideal. Pemerintah sedang menurunkan angka keterpakaian tempat tidur ini bisa di bawah 60%. Sehingga beban tenaga kesehatan di rumah sakit bisa berkurang," tukas Wiku.

Baca juga: Registrasi Obat Tradisional Melonjak Saat Pandemi Covid-19

DKI memiliki 54 laboratorium pemeriksaan, 67 rumah sakit rujukan dengan 170 RS yang menangani covid-19. Wiku menekankan upaya yang bisa dilakukan ialah mengoptimalkan Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet. Dalam hal ini, untuk menangani pasien covid-19 dengan kriteria sedang dan ringan.

"Pasien-pasien itu bisa dipindahkan ke RSD Wisma Atlet,” imbuhnya.

Dalam dua hari terakhir, penambahan kasus positif covid-19 di wilayah Ibu Kota sudah lebih dari 1.000 orang. Pada Senin (31/8) ini kasus baru bertambah 1.049 orang. Adapun pada Minggu (30/8) kemarin, kasus baru tercatat 1.114 orang.(OL-11)

 

Baca Juga

MI/Fransisco Carolio

Wagub DKI: Perda Covid-19 Mencakup Keringanan Pajak

👤Hilda Julaika 🕔Rabu 30 September 2020, 17:48 WIB
Pembentukan aturan khusus ini juga bertujuan mendorong pelaku usaha di Ibu Kota agar bisa bertahan saat pandemi covid-19, serta menciptakan...
dok MI

Dokter Tersangka Kasus Aborsi Meninggal Bukan karena Covid-19

👤Rahmatul Fajri 🕔Rabu 30 September 2020, 17:46 WIB
Polisi memastikan tersangka kasus aborsi dr Sarsanto W Sarwono, 84, yang meninggal dunia bukan karena terinfeksi...
Ilustrasi

14 Saksi Diperiksa Terkait Pelarian Napi WN Tiongkok

👤Cindy Ang 🕔Rabu 30 September 2020, 16:57 WIB
"Ada 14 saksi yang telah diperiksa yaitu istri dan juga ada beberapa orang disekitar kediaman istri tersangka di daerah Bogor...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya