Senin 31 Agustus 2020, 17:00 WIB

Konsumsi Listrik Menunjukan Sinyal Positif

Hilda Julaika | Ekonomi
Konsumsi Listrik Menunjukan Sinyal Positif

Ilustrasi
Konsumsi listrik

 

KEPALA Pusat Kebijakan Sektor Keuangan Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Adi Budiarso mengatakan aktivitas konsumsi listrik telah mengalami kenaikan. Sehingga hal ini menunjukkan sinyal yang membaik atas aktivitas ekonomi yang juga cukup meningkat.

“Kenaikan konsumsi listrik menunjukkan sinyal yang membaik dan aktivtas ekonomi yang cukup meningkat dalam beberapa waktu terakhir ini,” kata Adi dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Komisi VI DPR RI, secara virtual, Senin (31/8).

Lebih lanjut ia menjelaskan, pada bulan Juli 2020 ini konsumsi listrik secara month to month masih tumbuh positif. Selain itu, kelompok industri dan bisnis bisa ikut tumbuh positif sejak bulan Juni. Hal ini menggambarkan bahwa ekonomi kembali bergerak.

Baca juga : Faisal Basri Prediksi Ekonomi Kuartal III 2020 Minus 3%

Adapun untuk sisi permintaan (demand) seperti rumah tangga menurutnya memiliki pertumbuhan yang flat. Sementara sisi penawaran (supply) seperti, bisnis, industri dan publik memiliki aktivitas yang naik-turun tergantung dengan produksi barang dan jasa.

“Sisi demand sseperti RT cenderung memiliki pertumbuhan yang lebih flat. Sedangkan sisi supply seperti bisnis, industri, dan publik lebih berfluktuasi tergantung pada produksi barang dan jasa,” jelasnya.

Sebelumnya, PT PLN PLN pun mencatat penjualan listrik pada Juli 2020 mencapai 20,19 tera watt per hour (TWh). Pencapaian angka tersebut mengalami peningkatan 4,7% dibandingkan realisasi pada Juni 2020 sebesar 19,27 TWh. (OL-2)

 

Baca Juga

Istimewa

Penggilingan Padi, BPP KostraTani Didukung KostraLing

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 September 2020, 16:20 WIB
SETIAP unit Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di tingkat kecamatan selayaknya didukung penggilingan padi skala kecil -...
Ist

Petani di Kabupaten Dairi, Sumut, Kembangkan Benih Vanili Lokal

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:26 WIB
Tanaman vanili banyak terserang penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan jamur Fusarium batatatis sehingga petani menurun minatnya...
Antara/Muhammad Iqbal

Kemenhub Gandeng UI Bikin Kajian Standar Kesehatan di Pesawat

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 19 September 2020, 15:05 WIB
Selain dari pihak penyedia transportasi udara, dibutuhkan kerjasama masyarakat dan penumpang untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya