Senin 31 Agustus 2020, 14:52 WIB

Faisal Basri Prediksi Ekonomi Kuartal III 2020 Minus 3%

Hilda Julaika | Ekonomi
Faisal Basri Prediksi Ekonomi Kuartal III 2020 Minus 3%

Antara/Wahyu Putro
Potret pembangunan proyek transportasi LRT Jabodetabek di Ibu Kota.

 

EKONOM Faisal Basri memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 minus 3%. Itu dilihat dari pertumbuhan ekonomi sepanjang Januari-Juli 2020.

Untuk pertumbuhan industri mobil minus 50%, lalu sektor pariwisata minus 80%. Selain itu, aktivitas ekspor-impor juga masih minus.

Apabila ekonomi kuartal III 2020 mengalami minus, maka Indonesia akan masuk dalam jurang resesi.

“Perkiraan saya, pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 minus 3%,” ujar Faisal dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI secara virtual, Senin (31/8).

Baca juga: Jokowi Minta Pelaku Usaha Tetap Semangat

Kendati demikian, dia mengimbau pemerintah untuk tidak terlalu resah menghadapi resesi. Saat ini yang terpenting ialah pemerintah mencari kebijakan tepat dan mendorong realisasi program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Kalau boleh saya sarankan, jangan fokus menghindari resesi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan ekonomi pada kuartal III 2020 berkisar minus 1,6% hingga positif 1,4%. Estimasi itu dikatakannya bersifat sementara, khususnya dalam memprediksi pertumbuhan ekonomi 2020 sekitar minus 0,45 sampai positif 1%.

Baca juga: Stafsus Menkeu: Resesi Ekonomi Tidak Perlu Diperdebatkan

“Kuartal III 2020 bisa (positif) 1,4%, atau kalau dalam zona negatif bisa minus 1,6%. Itu secara teknis kita bisa resesi kalau kuartal II negatif, lalu kuartal III negatif,” jelas Ani, sapaan akrabnya, dalam beberapa waktu lalu.

Pemerintah, lanjut Ani, terus berupaya agar pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2020 bisa mendekati angka positif. Setidaknya bisa di atas 0%, sehingga Indonesia terhindar dari resesi ekonomi.

Menurutnya, realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal III 2020 sangat tergantung pada keberhasilan penyaluran anggaran penanganan covid-19.(OL-11)

 

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

Sediakan Hunian Bagi MBR, Apartemen Transit Disiapkan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 23:11 WIB
Hunian vertikal menjadi salah satu solusi dari keterbatasan lahan membangun hunian dan terus melonjaknya harga rumah tapak di kawasan...
Ist

Kemenaker Terima Data Terakhir Penerima BSU dari BPJAMSOSTEK 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 22:25 WIB
Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, berterima kasih atas kinerja BPJAMSOSTEK karena telah berhasil mengumpulkan data nomor...
Antara/Indrianto Eko Suwarso

Petinggi Bursa Efek Diperiksa dalam Kasus Jiwasraya

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 22:17 WIB
Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Hari Setiyono mengatakan, penyidik memeriksa Endra Febri Setyawan yang emrupakan Kepala Unit...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya