Senin 31 Agustus 2020, 11:45 WIB

Perlu Peran Aktif Pemuda dalam Mengatasi Dampak Covid-19

mediaindonesia.com | Humaniora
Perlu Peran Aktif Pemuda dalam Mengatasi Dampak Covid-19

Ist
Webinar yang bertajuk ‘Peran Pemuda Dalam Kebangkitan Nasional Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Covid-19’ pada Minggu (30/8).

 

PANDEMI virus korona atau Covid-19 telah memberi dampak yang tak kondusif terhadap berbagai sektor. Namun kondisi tersebut tak membuat patah semangat, justru harus bangkit dari keterpurukan.

Terkait hal tersebut digelar webinar yang bertajuk ‘Peran Pemuda Dalam Kebangkitan Nasional Untuk Mencapai Tujuan Pembangunan Covid-19’ pada Minggu (30/8).

Dalam webinar yang menjadi  rangkaian Simposium Internasional / Kongres Internasional PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) Dunia 2020, dengan pembicara Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian PPN/Bappenas Subandi Sardjoko.

Dalam webinar yang dilaksanakan melalui media daring Zoom dan diikuti 148 peserta, turut memberi sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim.     

Dalam kesimpulan narasumber, sejumlah pesan penting yang menjadi catatan. Pertama, perkembangan penyebaran covid-19 harus lebih produktif dan harus diimbangi dengan protokol covid-19.

Kedua, dampak pandemi Indonesia pada pencapaian pembangunan berkelanjutan, berpotensi sangat membutuhkan perhatian terhadap kemiskinan.

Ketiga, empat pilar besar yang perlu mendapat perhatian serius yaitu sosial, ekonomi, lingkungan, dan governments.

Keempat, pada perlindungan sosial, dampak covid-19 rentan terjadi pada kelas menengah kebawah, sehingga pemerintah mengupayakan beberapa program, program keluarga harapan, program kartu pelajar,  dan lain-lain.

Kelima, dampak ekonomi mempengaruhi krisis pangan, dengan kegagalan akses pangan yang menurun. Keenam, isu strategi kesehatan: healthy security, social distancing, kapasitas fasilitas keseatan.

Ketujuh, kapasitas masih kurang karena keterbatasan kapasitas laboratorium dan tenaga laboratorium. Kedelapan, memperkuat sistem kesehatan: kesiapan dalam mengahadapi pandemi, pengendalian masalah kesehatan dan peningkatan anggaran kesehatan dari pemerintah, dengan menggerakkan masyarakat untuk hidup sehat, olahraga, dan melakukan pengelolaan limbah.

Kesembilan, pengunaan vaksin harus sudah tersedia dari sekarang untuk pemuda yang berkualitas.Kesepuluh, dampak covid-19 pada pendidikan sudah membuat guru dan siswa harus belajar dirumah, tetapi tidak semua punya gadget dan internet, sehingga pemerintah berupaya untuk mengatasinya.

Kesebelas, kebijakan dalam masa darurat yaitu mengadakan proses pembelajaran dirumah melalui daring. Keduabelas, dampak bagi perempuan untuk tenaga kerja dan ekonomi menjadi dua kali lipat lebih repot dibanding laki-laki dan penurunan pelayanan pada perempuan.

Ketigabelas, upaya dampak pandemi dalam generasi pemuda. Keempatbelas, dampak ketenagakerjaan dalam pandemi 56% pemuda masih bekerja.

Kelimabelas, strategi pemulihan ekonomi pasca covid-19: penguatan sektor kesehatan, perluasan program perlindungan sosial, pembangunan infrastukrutr yang mendukung kawasan pariwisata, pembangunan SDM dan akselerasi investasi. Keenambelas, essential skills pemuda untuk pencapaian SDGs, untuk tujuan kemajuan bangsa. (OL-09)

 

 

 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Ekspedisi Kebangsaan untuk Bangkitkan Pariwisata dan UMKM

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 15:08 WIB
Kegiatan akan dimulai pada Senin (5/10) hingga Minggu (11/10) dengan titik singgah Kasepuhan Cirebon, Kasepuhan Cipta Gelar, Cilacap,...
Antara/Nyoman Hendra

Agustus, Hanya Ada 165 Ribu Kunjungan Wisman

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 14:48 WIB
BPS mencatat kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang Agustus 2020 didominasi urusan bisnis. Penurunan kunjungan tecermin dari...
ANTARA/ SIGIT KURNIAWAN

KLHK Tegaskan Komitmen Pemerintah Hentikan Izin Baru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Kamis 01 Oktober 2020, 13:45 WIB
Pemanfaatan hutan sebagai sumberdaya ekonomi harus memperhatikan aspek ekologi dan konsep keberlanjutan. Salah satu upaya ialah penghentian...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya